in ,

Bayar PBB secara “On-line” Hanya 5 Menit dengan Aplikasi Ini

Bayar PBB secara “On-line”
FOTO: IST

Bayar PBB secara “On-line” Hanya 5 Menit dengan Aplikasi Ini 

Pajak.com, Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan aplikasi sistem Pelayanan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2)/PBB bernama Teman PBB. Melalui aplikasi ini masyarakat hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk bayar PBB secara on-line. 

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono optimistis aplikasi Teman PBB akan lebih mempermudah Wajib Pajak dalam pengajuan layanan hingga melakukan pembayaran PBB dengan sangat cepat.

“Tadi kita sosialisasikan bagaimana membayar PBB yang sangat mudah. Tadi diujicobakan, tidak kurang dan tidak lebih dari 5 menit, sudah bisa terbayar. Artinya mudah sekali,” ungkap Bambang saat peluncuran program Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Bandung sebagai Panutan Pembayaran Pajak Daerah secara Digital, di Plaza Balai Kota Bandung, dikutip Pajak.com, (14/6).

Baca Juga  Dewi Perssik dan 109 Wajib Pajak Patuh Terima Apresiasi dari Kanwil DJP Jakbar 

Ia menyebut, Teman PBB dibangun atas kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB). Secara komprehensif, fitur yang ada dalam aplikasi Teman PBB adalah Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) elektronik atau e-SPPT, pembayaran PBB, pelayanan PBB, layanan konsultasi, dan info pelayanan.

Seirama dengan pembayaran PBB-P2, Pemkot Bandung juga turut menyosialisasikan kemudahan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui anjungan Samsat Digital Mandiri.

“Kita juga menyosialisasikan kepada seluruh ASN Kota Bandung bagaimana kita bayar pajak kendaraan bermotor dengan sangat mudah. Tadi juga sudah diujicobakan, tidak kurang tidak lebih dari 5 menit. Dan, tidak perlu lagi balik lagi ke Samsat. Artinya one gate service langsung semuanya,” jelas Bambang.

Baca Juga  KPP Pratama Jakarta Kalideres Edukasi UMKM tentang Pembukuan dan Teknik Fotografi 

Ia pun mendorong ASN Pemkot Bandung menjadi pelopor kepatuhan pembayaran pajak daerah. ASN harus mampu mengajak masyarakat untuk taat membayar pajak daerah, seperti PBB dan pajak kendaraan bermotor.

“Dengan begitu kita optimistis dengan kemudahan pembayaran pajak bagi masyarakat yang dihadirkan Pemkot Bandung, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang nantinya akan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung Iskandar Zulkarnain mengatakan bahwa aplikasi Teman PBB berbasis Android ini merupakan inovasi pertama di Kota Bandung.

“Kami berharap hadirnya aplikasi ini lebih mempermudah para Wajib Pajak dalam pengajuan pelayanan dan output berupa e-SPPT. Silakan masyarakat sudah dapat langsung mengunduh melalui gawai pribadi masing-masing dan menikmati layanannya,” pungkas Iskandar.

Baca Juga  Segera Lakukan Pemadanan NIK – NPWP, Mulai Agustus 2024 Wajib Pajak Bisa Akses Semua Layanan Perpajakan
Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *