in ,

Pentingnya Pajak Untuk Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan

Pentingnya Pajak Untuk Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan
FOTO: IST

Pentingnya Pajak Untuk Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan

Pentingnya Pajak Untuk Pembangunan Pendidikan dan Kesehatan. Pajak merupakan tulang punggung dari keberlangsungan pembangunan sebuah negara. Melalui pajak, pemerintah dapat menyediakan berbagai layanan publik yang vital, termasuk pendidikan dan kesehatan. Tanpa adanya pajak, sulit membayangkan bagaimana negara dapat membiayai sekolah, rumah sakit, dan berbagai infrastruktur penting lainnya yang mendukung kesejahteraan masyarakat.

Menurut Stats.Pajak.go.id, Jumlah SPT Tahunan PPh yang disampaikan oleh Wajib Pajak secara keseluruhan mencapai 73,61%, atau 14.186.630 SPT, meningkat 7,15% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Terlepas dari peningkatan tingkat kepatuhan, Dwi menyatakan bahwa DJP masih harus berusaha untuk mencapai target rasio kepatuhan penyampaian SPT Tahunan tahun 2024. Target ini adalah 83,2% dari jumlah wajib SPT, yang berjumlah 19,2 juta SPT, dan berlaku hingga akhir tahun 2024. Artinya, jumlah Wajib Pajak yang harus lapor SPT Tahunan untuk mencapai target ini adalah 16,09 juta SPT. Ini menimbulkan kekhawatiran bahwa tujuan rasio kepatuhan formal mungkin tidak akan tercapai. Meskipun upaya DJP untuk meningkatkan rasio tersebut belum maksimal, mereka telah meluncurkan program seperti peningkatan kesadaran pajak dan pusat pajak.

MANFAAT PAJAK UNTUK PENDIDIKAN DAN KESEHATAN

1. Pendidikan: Pilar Utama Pembangunan Sumber Daya Manusia

Pendidikan adalah  Pilar Utama Pembangunan Sumber Daya Manusia suatu bangsa. Dengan pendidikan yang berkualitas, generasi muda dapat dipersiapkan untuk menghadapi tantangan masa depan. Pajak yang kita bayarkan memiliki peran penting dalam mendukung sektor pendidikan, di antaranya:

  • Membangun Sekolah: Dana yang diperoleh dari pajak digunakan untuk mendirikan sekolah di berbagai daerah. Hal ini memastikan bahwa akses pendidikan dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang berada di daerah terpencil.
  • Meningkatkan Kualitas Guru: Pajak juga digunakan untuk pelatihan dan peningkatan kompetensi guru. Dengan guru yang berkualitas, proses belajar mengajar menjadi lebih efektif, sehingga siswa dapat menerima pendidikan yang lebih baik.
  • Penyediaan Fasilitas dan Sarana Pendidikan: Pajak membantu dalam penyediaan fasilitas pendidikan seperti laboratorium, perpustakaan, dan alat peraga yang mendukung proses belajar mengajar.
  • Beasiswa: Dana pajak digunakan untuk memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi yang kurang mampu secara finansial. Ini memastikan bahwa mereka dapat melanjutkan pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi tanpa harus khawatir tentang biaya.
Baca Juga  Sri Mulyani: Penerimaan Pajak 2024 Diproyeksi Tak Mencapai Target

 

2. Kesehatan: Investasi untuk Hidup yang Lebih Sehat dan Sejahtera

Kesehatan adalah hak fundamental setiap warga negara. Pajak memainkan peran penting dalam menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat. Berikut beberapa manfaat pajak dalam bidang kesehatan:

  • Pembangunan dan Renovasi Rumah Sakit: Dana pajak digunakan untuk membangun dan merenovasi rumah sakit, sehingga fasilitas kesehatan bisa tersebar merata di seluruh penjuru negeri. Ini memastikan bahwa semua orang, tanpa memandang lokasi, dapat mengakses layanan kesehatan.
  • Program Vaksinasi dan Pencegahan Penyakit: Pajak digunakan untuk mendanai program vaksinasi dan pencegahan penyakit menular, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Program ini membantu mengurangi penyebaran penyakit dan meningkatkan imunitas komunitas.
  • Subsidi Kesehatan: Pajak memungkinkan pemerintah memberikan subsidi bagi masyarakat kurang mampu, sehingga mereka dapat memperoleh layanan kesehatan tanpa harus terbebani biaya yang tinggi. Ini termasuk pengobatan, operasi, dan perawatan jangka panjang.
  • Pengadaan Obat dan Alat Kesehatan: Dana pajak digunakan untuk pengadaan obat-obatan dan alat kesehatan yang dibutuhkan oleh rumah sakit dan pusat kesehatan. Ini memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan yang diperlukan tanpa kekurangan fasilitas medis.
Baca Juga  Mulai 1 Juli, 7 Layanan Administrasi Perpajakan Ini Bisa Diakses NIK

MENGAPA PENTING UNTUK MEMBAYAR PAJAK?

Membayar pajak adalah bentuk kontribusi kita sebagai warga negara untuk kemajuan bersama. Pajak yang kita bayarkan bukan hanya angka di atas kertas, melainkan investasi yang nyata untuk masa depan kita. Dengan membayar pajak, kita turut serta dalam membangun sekolah-sekolah baru, menyediakan buku-buku pelajaran, serta meningkatkan kualitas pendidikan. Kita juga membantu mendirikan rumah sakit, melaksanakan program kesehatan, dan menyediakan layanan kesehatan yang dapat diakses oleh semua orang.

Bayangkan, setiap rupiah yang kita bayarkan menjadi bagian dari pembangunan infrastruktur pendidikan dan kesehatan yang lebih baik. Dengan kontribusi kita, anak-anak dapat belajar di sekolah yang layak dan berkualitas, dan masyarakat dapat menerima perawatan kesehatan yang memadai tanpa harus terbebani biaya yang tinggi.

Baca Juga  Perusahaan di KEK Kendal Lakukan Ekspor Perdana ke Amerika Serikat

KESIMPULAN

Pajak adalah investasi untuk masa depan yang lebih cerah dan sehat. Melalui pajak, kita membantu menyediakan pendidikan yang lebih baik bagi generasi mendatang dan layanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat. Mari kita terus mendukung pembangunan negara dengan membayar pajak tepat waktu, karena setiap kontribusi kita sangat berarti untuk masa depan yang lebih baik.

Dengan demikian, pajak untuk pendidikan dan kesehatan bukan sekadar kewajiban, tetapi merupakan bentuk nyata dari komitmen kita untuk masa depan yang lebih baik dan sejahtera. Setiap rupiah yang kita bayarkan adalah harapan dan masa depan kita bersama.

 Putu Edi Sutrisna, Politeknik Negeri Lampung

 

Pandangan dan opini dalam artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis dan tidak mencerminkan pandangan atau kebijakan PAJAK.COM.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *