Menu
in ,

Festival Diskon Nasional 2021, Promosikan Produk Lokal

Pajak.com, Jakarta – Jangan lewatkan Festival Diskon Nasional 2021 (FDN 2021) yang berlangsung mulai 1 hingga 31 Desember 2021. Acara bertema “Jakarta Punya Diskon” ini diinisiasi oleh kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan tujuan untuk mendorong minat masyarakat berbelanja produk lokal sekaligus mempromosikan hasil kreasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menteri BUMN Erick Thohir berharap, FDN 2021 dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

Sebagai informasi, FDN 2021 diselenggarakan secara virtual melalui website www.festivaldiskonnasional.com. Masyarakat akan mendapat pengalaman unik dalam berbelanja sembari menjelajah kota DKI Jakarta secara virtual.

“Festival Diskon Nasional adalah ajang yang bertujuan untuk mendorong daya beli konsumen, dengan berbagai diskon menarik yang ditawarkan oleh para merchant produk UMKM lokal berkualitas. Harapan inisiatif ini dapat ikut memutar roda perekonomian dan menghadirkan optimisme bagi para pelaku usaha di Indonesia serta masyarakat luas dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” kata Erick dalam pembukaan Festival Diskon Nasional 2021 secara daring, pada (4/12).

Acara ini juga diharapkan menjadi wadah kolaborasi semua pihak untuk mendukung produk lokal sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 lalu.

“Saya mendukung penuh Gernas BBI, khususnya dalam acara yang kita lakukan secara bersama-sama. Mari kita dorong berbelanja, meningkatkan tentu daya beli masyarakat, ” kata Erick.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat menjadikan DKI Jakarta sebagai contoh kemajuan di berbagai aspek, khususnya pengembangan UMKM.

“DKI Jakarta berbeda dengan daerah lainnya, sebagai ibu kota negara, DKI harus mampu mempresentasikan dan menjadi contoh kemajuan di berbagai aspek, Jakarta menjadi tolok ukur daerah lainnya dalam mengembangkan potensi lokal yang dimiliki,” kata Luhut.

Ia juga berharap, DKI Jakarta dapat berkontribusi dalam mewujudkan target pemerintah dalam mendorong digitalisasi UMKM melalui sistem perdagangan on-line atau e-commerce.

“Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies dan jajaran yang mendukung Gernas BBI. Saya berharap DKI Jakarta dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan jumlah UMKM—30 juta UMKM yang ditargetkan pada 2023.

Kepada seluruh pemerintah daerah mari kita mendukung UMKM secara berkelanjutan dan berikan anggaran yang cukup, tingkatkan kapasitasnya untuk siap ekspor karena kita juga menciptakan lapangan kerja dan kreasi dari anak-anak bangsa di tempat kita masing-masing,” kata Koordinator Gernas BBI ini.

FDN 2021 berkolaborasi dengan idEA (Indonesia E-Commerce Association) melalui penyelenggaraan Hari Belanja On-line Nasional (Harbolnas) pada 11—12 Desember 2021. Acara ini juga menggandeng Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sarinah, Jakarta Creative City Forum (JCCF), dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

FDN 2021 mengikutsertakan 12 BUMN, 50 e-commerce, 1.000 pengusaha lokal, 50 ribu UMKM, dan 4 penyelenggara uang elektronik. Masyarakat juga dapat menikmati berbagai program dan penawaran menarik, baik dalam bentuk diskon khusus maupun cashback yang akan dikemas melalui acara flash sale, live shopping, virtual expo, beragam webinar, dan sebagainya.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version