Menu
in ,

Tokocrypto – BeKind Gunakan Blockchain untuk Berdonasi

Pajak.com, JakartaTokocrypto dan BeKind mengembangkan teknologi blockchain untuk berdonasi melalui program Tokocare. Keduanya juga akan berkolaborasi dalam program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR).

Sebagai informasi, BeKind merupakan token blockchain pertama di Indonesia yang memfasilitasi sistem donasi yang kuat dan terukur melalui platform. Saat ini, BeKind fokus membangun kemitraan dengan berbagai pihak, yakni platform penggalangan dana, seperti WeCare.id yang mengumpulkan 1 juta donor dan mitra non-governmental organization (NGO).

Chief Marketing Officer Tokocrypto Nanda Ivens mengatakan, potensi dan pengalaman yang dimiliki BeKind menawarkan value yang unik dan bisa memberikan inovasi teknologi blockchain pada proses donasi di Indonesia. Selain itu, sinergi ini sekaligus sebagai implementasi dari program TokoLaunchpad, yakni misi memberdayakan startup dengan teknologi blockchain dan tokenisasi.

“Kami sangat berharap agar program inkubator yang akan kami jalankan ini mendorong ekosistem dan pemanfaatan blockchain di berbagai industri di Indonesia”, kata Nanda melalui keterangan tertulis yang diterima Pajak.compada (25/9).

Secara spesifik, Nanda menuturkan, pengalaman BeKind di ranah sosial akan membantu pengembangan TokoCare dalam menghadirkan program-program CSR yang terukur dan tepat guna pemanfaatannya bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu proyek awal TokoCare yang sudah dilaksanakan bersama BeKind adalah distribusi 90 tabung oksigen secara gratis ke beberapa rumah sakit di Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Agustus lalu. Program ini didukung oleh WeCare.id dan kementerian perindustrian.

CEO BeKind Fajar Jasmin berharap, dukungan Tokocrypto dalam inkubasi ini bisa mendukung roadmap BeKind.

“Semoga dengan adanya BeKind token, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk saling membantu sesama dengan lebih mudah dan tentunya transparan,” kata Fajar.

Selain itu, TokoCare bersama dengan lini produk TokoMall bakal menghadirkan pendanaan untuk program CSR yang berkelanjutan dalam bentuk NFT (nonfungible token) charity. Pendanaan ini didapatkan dari kategori ‘TKO Original’ dalam laman TokoMall yang berisikan artwork original dari Tokocrypto. Salah satu yang menarik adalah kehadiran koleksi NFT special, yaitu Miss Crypto Indonesia.

Miss Crypto Indonesia merupakan Tokocrypto Angels terpilih yang menghadirkan koleksi NFT dalam bentuk foto dan mempresentasikan cerita rakyat Indonesia seperti Timun Mas, Ken Dedes, Telaga Bidadari, dan Purbasari. Hal ini sejalan dengan value dari TokoMall yang ingin mengangkat keragaman nilai, budaya, hingga talenta Indonesia. Dengan total 50 koleksi, donasi yang ditargetkan terkumpul untuk NFT charity ini sebesar 100 juta rupiah.

Chief Strategy Officer Tokocrypto Chung Ying Lai menambahkan, bahwa konsep NFT charity akan menjadi hal baru yang ditawarkan kepada para kolektor atau antusias NFT artwork di Indonesia. Di sini, mereka dapat mengoleksi karya seni sekaligus berdonasi.

“100 persen transaksinya akan disalurkan untuk donasi melalui TokoCare guna membantu penanggulangan isu sosial hingga kesehatan di Indonesia,” kata Chung Ying Lai.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version