Menu
in ,

Percepatan Transformasi Digital Kunci Pemulihan Ekonomi

Percepatan Transformasi Digital Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi

FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, pemerintah tengah melakukan percepatan transformasi digital sebagai upaya pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19. Transformasi digital saat ini menjadi perhatian negara-negara anggota G-20 sebagai salah satu elemen kunci dalam mempercepat pemulihan pascapandemi COVID-19, serta pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Percepatan transformasi digital yang berkelanjutan adalah elemen kunci dalam upaya pemulihan pasca pandemi COVID-19 sekaligus menjadi komponen pendorong dalam membangun bangsa yang lebih tangguh dan berdaya,” kata  Johnny dalam siaran pers Jumat (06/08/2021).

Menkominfo memaparkan, Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 yang disusun sebagai pedoman transformasi digital Indonesia adalah pedoman strategis perjalanan Indonesia menjadi bangsa yang menerapkan digital. Hal ini dilaksanakan melalui empat pilar, yaitu infrastruktur digital, tata kelola digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital.

Menurut Johnny, keberadaan infrastruktur digital yang kuat dan merata adalah prasyarat agar transformasi digital dapat menjangkau serta dirasakan oleh setiap orang. Upaya pemerataan pembangunan infrastruktur digital yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia juga turut dipaparkan, seperti penggelaran jaringan serat optik backbone, pengembangan jaringan fiber-link dan microwave-link, peluncuran sembilan satelit telekomunikasi, dan pembangunan 559.000 stasiun pemancar sinyal (base-transceiver stations/BTS).

Johnny menyampaikan, Pemerintah Indonesia dan perusahaan telekomunikasi telah menggelar jaringan kabel serat optik sepanjang 342.000 kilometer di darat dan laut, sebagai tulang punggung konektivitas teknologi informasi dan komunikasi. Di mana lebih dari 12.000 kilometer dibangun di bawah proyek nasional jaringan Palapa Ring. Penggelaran infrastruktur yang masif ini untuk memastikan bahwa konektivitas dapat menghubungkan yang belum terhubung tanpa meninggalkan satu orang pun. Oleh sebab itu, ia berharap hilirisasi telekomunikasi digital dapat terlaksana dengan baik.

“Sebagai komitmen untuk memastikan tercapainya tujuan dan perencanaan infrastruktur digital, Indonesia menerapkan skema pembiayaan campuran (blended financing scheme) yang diharapkan dapat meningkatkan rasio tautan internet secara berkelanjutan sekaligus memperkecil disparitas digital di Indonesia,” kata Johnny.

Upaya tersebut menurut Johnny tidak berhenti pada pembangunan infrastruktur atau di tingkat hulu. Namun, ada urgensi untuk melanjutkan upaya itu ke tingkat hilir. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo tengah mempersiapkan terbentuknya masyarakat digital yang semakin cakap melalui berbagai pelatihan literasi dan kompetensi digital guna memastikan bahwa transformasi digital dapat dikelola dengan baik dan dimanfaatkan secara berkelanjutan

“Jadi, kami tidak hanya berhenti di pembangunan infrastruktur digital yang merupakan prasyarat utama dalam transformasi digital. Tetapi, pilar-pilar ini harus berjalan beriringan, untuk mencapai transformasi digital yang menyeluruh,” jelasnya.

Menkominfo juga mengatakan, transformasi digital dapat mendorong perubahan model usaha, meningkatkan peluang yang menghasilkan nilai tambah, dan mendorong perubahan lintas sektoral dalam pola pikir bisnis yang didorong secara digital. Hilir dari infrastruktur digital akan berujung pada penguatan potensi ekonomi digital. Oleh karena itu, Indonesia harus memanfaatkan infrastruktur digital untuk terus mendorong penguatan dan manfaat ekonomi digital. Sebab, saat ini tulang punggung perekonomian Indonesia adalah UMKM dan Ultra Mikro yang menjadi penyumbang 61,07 persen dari PDB Indonesia.

Sebagai komitmen memperkuat potensi ekonomi digital Indonesia, Kementerian Kominfo telah melakukan berbagai upaya baik melalui penguatan over-the-top marketplace, pembinaan perusahaan rintisan (start-up) untuk menjadi unicorn dan decacorn berikutnya, serta memberdayakan UMKM/UMi agar dapat semakin cakap mengembangkan bisnis di platform digital. Kemenkominfo telah memfasilitasi 30 juta UMKM/UMi agar dapat masuk secara digital (digitally onboarded) pada tahun 2024, mengingat kontribusinya terhadap PDB Indonesia. Tahun lalu, PDB Indonesia bernilai lebih dari 1,06 triliun dollar AS atau 40 persen dari total ukuran ekonomi ASEAN. Ke depan, ekonomi digital Indonesia diproyeksikan akan melampaui nilai 124 miliar dollar AS pada akhir tahun 2024.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version