Menu
in ,

Penyalur Program BBM Satu Harga Lebihi Target

Pajak.com, Jakarta – Pembangunan penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada program BBM Satu Harga di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di seluruh Indonesia yang dilaksanakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melebihi target yang sudah ditetapkan. Dimana sebanyak 78 penyalur atau 102 persen berhasil dibangun dari target 76 penyalur.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial mengungkapkan, kebijakan BBM Satu Harga merupakan program pemerintah agar masyarakat di daerah 3T di luar Jawa untuk dapat menikmati harga BBM yang sama dengan di pulau Jawa, sehingga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud serta memberikan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Kebijakan program BBM Satu Harga merupakan bagian dari program pemerintah untuk melayani masyarakat didaerah 3T wilayah Indonesia, misalnya untuk wilayah Singkil Aceh, yang untuk menjangkaunya diperlukan waktu 5 hingga 10 jam untuk mencapai lokasinya,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (17/12).

Ego berharap program ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan dan bisa menjadi salah satu langkah transformasi BBM kearah yang lebih ramah lingkungan.

Sementara itu, Anggota Komite BPH Migas Harya Adityawarman menjelaskan bahwa roadmap pembangunan penyalur BBM Satu Harga sampai dengan akhir tahun 2024 sekitar 583 penyalur.

Menurutnya, sejak tahun 2017-2020, capaian program BBM Satu Harga sebanyak 253 penyalur. Untuk pembangunan tahun 2021, pada tanggal 9 Juni 2021 telah dilaksanakan peresmian secara serentak sebanyak 27 Penyalur yang dilaksanakan di Terminal BBM Pontianak, Kalimantan Barat.

Kemudian pada tanggal 16 September 2021 telah dilaksanakan peresmian secara serentak sebanyak 17 penyalur yang dilaksanakan di Lombok Tengah oleh Menteri ESDM. Selain itu, pada minggu ini juga telah dilaksanakan peresmian sebanyak 21 penyalur BBM Satu Harga yang dilaksanakan di Banjarmasin, Bitung, Gorontalo, dan Ambon.

“Untuk program tahun 2021, target pembangunan penyalur BBM Satu Harga sebanyak 76 penyalur, di mana realisasi pembangunan mencapai 78 penyalur. Sebanyak 44 penyalur telah dilaksanakan peresmian pada bulan Juni dan September 2021. Untuk Sisa 34 Penyalur akan dilaksanakan peresmian pada beberapa lokasi, antara lain Terminal BBM Bitung, Terminal BBM Banjarmasin, Terminal BBM Wayame Ambon, Gorotalo Utara, Aceh Singkil dan Terminal BBM Tenau Kupang,” jelasnya.

Ia pun mengatakan, sesuai amanat dalam perundang-undangan bahwa BPH Migas mempunyai tugas untuk melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap pelaksanaan penyediaan dan pendistribusian BBM serta pengangkutan gas bumi ke seluruh wilayah Indonesia.

“Untuk menjamin ketersediaan BBM dengan harga yang terjangkau di seluruh wilayah NKRI, pemerintah saat ini melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 tahun 2016 telah mengamanatkan kepada BPH Migas untuk mengawal pelaksanaan program melalui penugasan terhadap Badan Usaha penerima penugasan untuk melaksanakan pembangunan penyalur BBM Satu Harga pada lokasi tertentu yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version