Menu
in ,

Lima Keuntungan Menggunakan Teknologi 5G

Pajak.com, Jakarta – Hadirnya teknologi 5G dan transformasi digital telah menjadi pembahasan utama di dunia teknologi selama beberapa tahun terakhir. Pengguna internet mungkin mengira bahwa 4G saat ini sudah menyediakan jaringan andal yang telah menemani kehidupan sehari-hari setiap orang. Mulai dari pesan antar makanan dan belanja daring, hingga pemesanan transportasi online dan masih banyak lagi. Semuanya dapat dilakukan hanya dengan satu aplikasi. Jika demikian, apa saja keuntungan menggunakan 5G, dan mengapa harus beralih ke teknologi 5G?

Head of Network Solutions Ericsson Indonesia Ronni Nurmal menyebutkan, teknologi generasi kelima atau 5G tidak hanya menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah. Masih banyak nilai dan manfaat yang akan dibawa 5G ke depannya. Beberapa operator seluler di Indonesia pun telah meluncurkan teknologi 5G. Dengan kehadiran lebih dari 100 tahun di Indonesia, pihaknya telah menjalin kerja sama yang kuat dengan pemerintah daerah serta operator telekomunikasi terkemuka.

“Manfaat penuh dari 5G hanya dapat diraih dengan pembentukan ekosistem yang kuat. Ketersediaan spektrum adalah kunci untuk penyebaran kecepatan. Oleh karena itu, kolaborasi yang kuat antara semua pemangku kepentingan dalam ekosistem 5G diperlukan untuk memungkinkan layanan jaringan, dan solusi yang bermanfaat dan dapat diakses oleh semua orang,” kata Ronni melalui keterangan tertulis, Rabu (1/12/21).

Ronni menyebutkan, lima keuntungan implementasi menggunakan teknologi 5G adalah. Pertama, 5G bukan hanya tentang kecepatan, tetapi juga kapasitas. Jaringan 5G dirancang untuk memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan, lebih banyak ruang untuk digunakan, yang berarti ada lebih banyak ruang bagi semua orang dan perangkat pun akan mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi. Sederhananya, teknologi 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus. Generasi jaringan seluler sebelumnya seperti 3G dan 4G mengalami kesulitan dalam memberikan performa konsisten apabila terhubung pada terlalu banyak device di tempat yang bersamaan.

Kedua, 5G menawarkan hiburan next level. Dengan jaringan ini, pengguna bahkan tidak perlu keluar rumah untuk menonton pertandingan sepak bola tetapi merasakan duduk di barisan pertama lapangan. Pasalnya, tahun depan, Ericsson bersama dengan Indosat Ooredo akan menyajikan pengalaman 5G yang tak terlupakan dalam acara olahraga 2022 di Qatar.

“Penggemar sepak bola akan dapat menikmati pengalaman baru menonton pertandingan sepak bola yang didukung dengan enhanced mobile broadband, dengan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, latensi rendah, dan kapasitas data yang besar. Penggemar akan dapat menikmati interaktivitas real-time dan pengalaman streaming definisi tinggi,” kata Ronni.
Ketiga, 5G memungkinkan pengguna untuk mengontrol semuanya dalam satu klik. Berkat teknologi IoT (Internet of Things), jaringan 5G menawarkan tingkat konektivitas yang berbeda.

Pengguna tidak perlu khawatir lupa mematikan kompor saat hendak meninggalkan rumah, sibuk memikirkan kewajiban untuk membersihkan kamar saat sangat sibuk dengan pekerjaan sepanjang hari, sepanjang minggu. Dengan jaringan 5G, mereka dapat mengontrol dan terhubung dengan setiap perangkat yang mendukung konsep smart living. Dengan kata lain, teknologi 5G akan membuat hidup jauh lebih efisien dan produktif.

Keempat, 5G membawa pengguna selangkah lebih dekat dengan artis atau musisi favorit sepanjang masa. Di Korea Selatan, konser virtual telah berhasil disiarkan dalam format 4K menggunakan teknologi 5G. Jangan khawatir, karena 5G memungkinkan pengguna menikmati konser di mana saja, kapan saja. Dengan kemampuan 5G yang menawarkan kecepatan sangat tinggi dan latensi sangat rendah, hal ini memungkinkan pengguna merasakan euforia konser yang sesungguhnya dengan visual resolusi tinggi, serta memungkinkan mereka melihat idolanya dengan cara yang tidak seperti sebelumnya.

“Di masa depan, teknologi musik yang terhubung dapat menyatukan musisi, produser musik, dan recording engineer dari seluruh penjuru dunia. Teknologi generasi kelima akan memungkinkan tonggak baru dalam penciptaan musik global, berpotensi mengubah cara lagu ditulis dan cara kita menikmati musik di masa depan,” jelas Ronni.

Kelima, tak ada lagi kata ‘buffering’ dan ‘video lagging’. Semua orang pasti pernah dihadapkan pada situasi yang mengharuskan mereka menatap video kosong karena koneksi buruk. Hal itu pasti akan sangat mengecewakan. Dengan 5G, tidak akan ada situasi seperti itu lagi. Sebab, teknologi generasi kelima ini menawarkan kecepatan internet berkecepatan tinggi, hingga 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Selain itu, pengguna dapat melakukan streaming video dan film berkualitas tinggi seperti 4K atau bahkan 8K dengan lancar tanpa lag dan visual buram. Semua kemajuan itu akan dapat memenuhi kebutuhan jaringan yang lebih cepat dan canggih di tahun-tahun mendatang.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version