Menu
in ,

Ekonomi NTB Tumbuh Berkat WSBK Sirkuit Mandalika

Ekonomi NTB Tumbuh Berkat WSBK Sirkuit Mandalika

FOTO: IST

Pajak.com, NTB – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan optimistis pertumbuhan ekonomi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai 5 persen berkat ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Pergelaran WSBK di Sirkuit Mandalika yang berlangsung pada 19–21 November ini mampu menyerap produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan memberi pemulihan pada industri pariwisata di NTB.

“Dengan adanya Sirkuit Mandalika NTB akan menikmati, nasional juga kebagian dan ekonomi NTB bisa tumbuh 5 persen, bahkan lebih,” kata Luhut saat berkunjung ke Sirkuit Mandalika, pada (21/11).

Ia mencatat, dari 65 juta UMKM di Indonesia, hanya 17 juta UMKM yang baru on boarding. Untuk itu, pemerintah berupaya terus mendorong setidaknya lebih dari 30 juta UMKM bisa terserap hasil produknya dengan baik di tahun 2024.

“Untuk kelompok-kelompok UMKM khususnya di NTB di gelaran WSBK sudah pasti terserap produknya. Seperti disampaikan Pak Gubernur NTB (Zulkieflimansyah) dan Pak Menkop UKM (Teten Masduki) bahwa produk-produk lokal UMKM di NTB terserap di event ini. Pelaku-pelaku usaha pariwisata seperti hotel, homestay seluruhnya fool booking—tidak ada yang kosong. Bahkan harganya tiga kali lipat. Termasuk penyewaan mobil dan lain-lainnya mendapatkan berkah dari WSBK ini sehingga ekonomi semuanya menjadi hidup,” ungkap Luhut.

Ia meminta kepada seluruh pihak supaya kegiatan WSBK di Mandalika dapat dilakukan dengan optimal dan memerhatikan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Perlu diketahui kita lakukan betul-betul agar hasilnya bisa dinikmati dengan baik. Meski dalam COVID-19 yang sudah agak longgar, namun kita harus tetap waspada dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan baik,” tegasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB Heru Saptaji juga mengatakan, gelaran WSBK akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi kisaran 5,01–5,81 persen pada kuartal IV-2021 di NTB. Mengingat WSBK adalah ajang yang cukup besar sehingga bakal menarik perhatian seluruh dunia.

“Faktor yang juga ikut memengaruhi pertumbuhan ekonomi NTB ke arah yang lebih baik adalah inflasi yang terkendali dengan baik serta stabilitas sistem keuangan terjaga,” kata Heru.

Selain itu, pemicu lainnya adalah membaiknya pengendalian COVID-19 di NTB karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan perkembangan vaksinasi yang agresif.

“Progres vaksinasi di NTB itu dibuktikan dengan capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 61,95 persen dan dosis kedua sebesar 27,42 persen. Bahkan, dosis pertama di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah berada di kisaran 70–96 persen,” sebut Heru.

Seperti diketahui WSBK 2021 menjadi ajang bergengsi karena diikuti pembalap kelas dunia, seperti pembalap Pata Yamaha Toprak Razgalioglu; pembalap Kawasaki Jonathan Rea; pembalap Ducati Italia Michael Rinaldi; dan sebagainya.

Rinaldi bahkan memberikan testimoni mengenai sirkuit yang dibangun dengan investasi Rp 17 triliun itu. “Terima kasih Pak Presiden dan Pak Erick Thohir untuk sirkuit yang keren. Terima kasih,” kata Rinaldi melalui media sosialnya.

Mengutip dari situs resmi WSBK, Sirkuit Mandalika memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit karena dibangun oleh PT Pertamina (Persero) sebagai investor utama. Sirkuit yang juga dibangun bersama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) ini memiliki area balap sepanjang 4,3 kilometer atau 4.300 meter dengan jumlah tikungan mencapai 17, 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Sirkuit Mandalika dapat menampung 150.000 hingga 200.000 orang. Namun, dalam masa pandemi COVID-19, pihak pengelola hanya menyediakan hingga 75.000 kursi di grandstand dan 138.000 area berdiri.

Sirkuit Mandalika telah masuk dalam kalender MotoGP (grand prix motorcycle racing) tahun 2022. Dikutip dari situs resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika bakal jadi venue balapan pada 20 Maret 2022 atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret 2022. Sirkuit Mandalika rencananya akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP pada 11–13 Februari 2022.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version