Menu
in ,

Patur 2021, Mewujudkan Generasi Muda Sadar Pajak

Patur 2021, Mewujudkan Generasi Muda Sadar Pajak

FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta  Untuk mewujudkan generasi yang mempunyai kesadaran pajak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur (Patur) 2021 yang mengangkat tema Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara.

Dirjen Pajak Suryo Utomo mengungkapkan, dengan mengangkat tema tersebut diharapkan generasi muda dapat memahami bahwa bela negara tidak selalu berarti memanggul senjata menghadapi musuh, namun juga dilakukan dengan bentuk yang lain sepanjang masa dalam segala situasi.

“Misalnya dengan cara mengikuti pendidikan kewarganegaraan baik jalur pendidikan formal maupun non formal dan juga membayar pajak yang berfungsi sebagai sumber pembiayaan negara untuk melaksanakan pembangunan,” ungkapnya dalam acara Patur 2021, Rabu (25/08).

Ia menambahkan, Patur 2021 bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kesadaran pajak yang dilakukan oleh pegawai DJP kepada peserta didik (sekolah tingkat dasar, menengah, dan perguruan tinggi) secara berkesinambungan. Selain itu, kegiatan ini akan dilakukan serentak di 34 Kantor Wilayah (Kanwil) DJP yang diikuti 252 perguruan tinggi, 500 sekolah tingkat dasar dan menengah, serta lebih dari 18.000 pelajar dan mahasiswa.

“Dalam rangka mewujudkan generasi yang mempunyai kesadaran pajak, DJP terus berupaya melakukan edukasi nilai-nilai kesadaran pajak kepada generasi muda melalui pendidikan dalam program Inklusi Kesadaran Pajak. Agar program ini dapat terlaksana secara optimal, diperlukan kolaborasi dengan kementerian lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa dalam menghadapi pandemi COVID-19, APBN menjadi sumber daya yang luar biasa dalam merespon dampak yang ditimbulkan. Oleh karena itu, agar APBN dapat berperan menangani kesehatan dan memulihkan ekonomi, perananan pajak menjadi sangat penting.

“70 persen hingga 80 persen penerimaan keuangan negara atau APBN kita adalah dari pajak. Setiap rupiah yang dibayarkan masyarakat dalam bentuk pajak sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Mulai dari pembangunan, serta negara agar bisa menghadapi berbagai tantangan termasuk pandemi COVID-19,” jelasnya.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim. Menurutnya, peranan pajak sangatlah penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Adik-adik pelajar dan mahasiswa perlu memahami bahwa pajak sangat penting untuk kehidupan kita dan kemajuan Indonesia. Bahkan adik-adik bisa bersekolah dan berkuliah karena pajak. Oleh karena itu kita semua harus belajar tentang pajak dan taat membayar pajak,” imbuhnya.

Dalam acara tersebut, DJP juga melakukan dialog interaktif dengan mahasiswa peserta Patur 2021, peluncuran game hasil karya pemenang Lomba Cipta Game Edukasi Perpajakan, pemberian penghargaan kepada para pihak yang telah membantu menyukseskan program Inklusi Kesadaran Pajak (Edutax Award), serta pengumuman pemenang lomba Tutur Pajak dan lomba Pajak.com Writing Festival 2021.

Pada kesempatan yang sama, Pendiri Pajak.com Muhamad Fajar Putranto memberikan apresiasi dengan diadakannya kegiatan Patur 2021 oleh DJP. Menurutnya, kegiatan Patur 2021 selaras dengan diadakannya Pajak.com Writing Festival yang memiliki tujuan untuk mengedukasi dan menimbulkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda dalam memahami pajak melalui lomba menulis artikel untuk mahasiswa di tingkat nasional.

“Kami mengharapkan dengan adanya kegiatan Patur 2021 ini dapat memberikan kontribusi penting bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda dalam meningkatkan kepedulian dan kesadaran akan pajak,” pungkasnya.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version