Menu
in ,

Syarat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri IISMA 2022

Syarat Beasiswa IISMA 2022

FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kuliah di luar negeri barangkali merupakan impian setiap orang. Walaupun kuliah di dalam negeri tak kalah bagus, namun mengenyam pendidikan di negeri orang memiliki manfaat lebih, antara lain melatih life skills, seperti kemandirian, kedisiplinan, kerja keras; membiasakan diri untuk bersosialisasi dengan masyarakat global, sehingga pengetahuan akan lebih luas. Bagi Anda yang ingin mewujudkan mimpi itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka program beasiswa IISMA atau Indonesia International Student Mobility Awards 2022.

Beasiswa IISMA 2022 akan memberikan hak dan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan kompetensi, pengetahuan, serta pengalaman studi di perguruan tinggi luar negeri. Ada 65 kampus yang bisa menjadi pilihan jika mengikuti IISMA 2022, terdiri dari 10 kampus di Amerika dan Kanada, 15 kampus di Asia, 22 kampus di Eropa, dan 18 kampus di Inggris dan Irlandia.

Pada tahun 2022, IISMA akan membuka kuota sebanyak 1.000 mahasiswa. Periode pendaftaran berlangsung 12 Maret 2022–12 April 2022. Sementara, mahasiswa terpilih akan menjalankan beasiswa IISMA pada Agustus 2022. Secara lebih lengkap, berikut Pajak.com suguhkan informasi mengenai fasilitas, syarat, hingga tips sukses meraih beasiswa IISMA 2022.

Fasilitas yang didapatkan penerima beasiswa IISMA:

  1. Uang pendaftaran dan uang pendidikan—dibayarkan Kemendikbud Ristek secara langsung ke perguruan tinggi mitra luar negeri.
  2. Biaya perjalanan, berupa tiket pesawat pulang dan pergi kelas ekonomi dari kota asal di Indonesia ke kota tujuan belajar.
  3. Biaya hidup bulanan di negara tujuan belajar sesuai ketentuan Kemendikbud Ristek.
  4. Asuransi kesehatan selama mengikuti program.
  5. Biaya tes polymerase chain reaction (PCR) sebelum berangkat ke negara tujuan dan saat akan kembali ke Indonesia jika diperlukan.
  6. Biaya penerbitan visa negara tujuan.
  7. Biaya bantuan keadaan darurat mahasiswa secara kolektif.
  8. Dalam program ini mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di perguruan tinggi di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbud Ristek selama satu semester yang dapat disetarakan hingga 20 satuan kredit semester (SKS).

Syarat mengikuti seleksi beasiswa IISMA 2022:

  1. Warga negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia.
  2. Terdaftar di perguruan tinggi dalam negeri asal mahasiswa.
  3. Maksimal berusia 23 tahun pada tanggal 1 Juli 2022.
  4. Sedang menempuh perkuliahan di semester 4–7 pada program sarjana (S1) sewaktu melaksanakan program ini.
  5. Dinominasikan oleh perguruan tinggi dalam negeri asal mahasiswa.
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor resmi minimum IELTS-6.0, TOEFL iBT–78, duolingo english test-100, atau TOEFL IT -550 yang masih berlaku.
  7. Belum pernah menerima beasiswa pertukaran mahasiswa luar negeri lainnya.
  8. Bersedia mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku yang ditetapkan oleh Kemendikbud selama mengikuti program ini.
  9. Dicalonkan oleh wakil rektor bidang akademik universitas asal.
  10. Tidak menerima tunjungan hidup dari dana/beasiswa lain, khususnya dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Dokumen yang dibutuhkan:

  1. Esai dan curriculum vitae (CV).
  2. Surat rekomendasi yang ditandatangani oleh kepala kantor internasional atas nama wakil rektor bidang akademik.
  3. Sertifikat kemahiran bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo).
  4. Transkrip akademik (dalam bahasa Inggris).
  5. Pernyataan nonpendaftaran dalam program pertukaran/pertukaran pelajar internasional fisik/nonon-line.
  6. Surat pernyataan bebas dari narkotika, psikotropika, atau zat adiktif lainnya.
  7. Pernyataan tidak terlibat dalam kekerasan seksual.

Informasi pendaftaran 

Pendaftaran dan informasi seputar manfaat, syarat, daftar perguruan tinggi luar negeri, dan jadwal secara lengkap dapat dilihat melalui laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Bila ada pertanyaan terkait program beasiswa IISMA 2022, Anda dapat mengirim email ke secretariat@iisma.id atau melalui surat yang dikirimkan ke Kemendikbud Ristek, Gedung D Lantai 18, Jalan Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Senayan, Jakarta, Indonesia 10270.

“Tips” sukses seleksi 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek memberikan tips agar mahasiswa sukses dalam seleksi IISMA 2022, yaitu:

  1. Kenali kemampuan diri. Identifikasi kekuatan dan kelemahan diri untuk menunjang dalam pembuatan esai dan CV.
  2. Latih kemahiran berbahasa Inggris. Berlatih berbahasa Inggris secara giat dan rutin dapat membantu Anda melewati tiap tahapan seleksi IISMA.
  3. Susun strategi dalam memilih universitas. Lakukan riset tentang universitas yang akan dipilih. Pastikan universitas yang dituju memiliki peluang penerimaan yang tinggi sesuai dengan kemampuan diri.
  4. Persiapkan diri untuk wawancara. Poin penting saat seleksi wawancara, yaitu menjadi diri sendiri, jujur, dan percaya diri agar membuat pewawancara terkesan.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version