Menu
in ,

Lima Pilihan Produk Asuransi yang Perlu Anda Ikuti

Pajak.com, Jakarta – Seperti kita ketahui, asuransi merupakan salah satu layanan perlindungan atau pertanggungan yang kerap kita dengar. Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengerti akan manfaatnya. Apalagi dengan banyaknya produk asuransi yang ditawarkan, membuat masyarakat semakin dibuat bingung untuk memilih produk asuransi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikut lima pilihan produk asuransi yang perlu anda ikuti.

Asuransi sendiri adalah perjanjian yang dilakukan antara nasabah dan perusahaan yang menawarkan asuransi. Perjanjian tersebut mengharuskan nasabah membayar sejumlah uang setiap bulan atau istilahnya premi, kepada pihak perusahaan asuransi. Nantinya, premi akan menjadi pengganti kerugian pihak nasabah jika suatu saat mengalami kemalangan atau kehilangan. Sedangkan produk asuransi adalah alat keuangan sebagai antisipasi terhadap kerugian finansial, yang terjadi dalam kehidupan.

Di dalam Buku 4 Literasi Perguruan Tinggi tentang Perasuransian yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dijelaskan beberapa manfaat asuransi. Pertama, memberikan rasa aman dan perlindungan. Dengan memiliki polis asuransi, tertanggung akan terhindar dari kemungkinan risiko kerugian finansial di kemudian hari karena objek yang diasuransikan dijamin oleh penanggung.

Kedua, pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil karena semakin besar kemungkinan terjadinya risiko kerugian timbul, semakin besar pula premi pertanggungannya.

Ketiga, memberikan kepastian. Manfaat utama asuransi karena pada dasarnya asuransi berusaha untuk mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan (peril), yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya sehingga biaya atau akibat finansial dari kerugian tersebut menjadi pasti atau relatif pasti.

Keempat, sebagai sarana menabung. Untuk asuransi jenis tertentu, uang yang diasuransikan memiliki nilai tunai yang dapat diambil, yaitu seperti pada asuransi whole life atau endowment. Ada pula produk asuransi yang sengaja digabungkan dengan investasi, yaitu unit link.

Kelima, instrumen pengalihan dan penyebaran risiko. Melalui asuransi kemungkinan timbul risiko kerugian dapat dialihkan dan disebarkan kepada pihak penanggung.

Keenam, membantu meningkatkan kegiatan usaha tertanggung. Tertanggung yang akan berinvestasi pada suatu bidang usaha bila sebagian risiko investasi (usaha tertanggung) tersebut dapat ditutup oleh asuransi untuk mengurangi risiko.

Ketujuh, menjadikan hidup lebih tenang, karena segala risiko yang dapat diasuransikan telah ada yang menanggung.

Kedelapan, jaminan kredit. Polis asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan kredit (insurance server as a basis of credit) biasanya hanya untuk asuransi jiwa dan sangat selektif pada jenis kredit dan bank tertentu.

Lantas, produk asuransi apa saja yang perlu Anda miliki dan kegunaannya? Dikutip dari berbagai sumber, Pajak.com mencoba membagikan penjelasannya sebagai berikut.

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang paling umum di masyarakat. Asuransi ini memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial atau kehilangan pendapatan akibat kematian pihak tertanggung atau anggota keluarga yang menjadi tulang punggung keluarga.

Bagi Anda yang memilikinya, uang pertanggungan dari asuransi jiwa dapat melindungi keluarga Anda dari kesulitan finansial, serta menjadi tabungan yang bisa digunakan untuk menjamin hari tua, atau sebagai upaya pengaturan keuangan jangka panjang.

Asuransi kesehatan

Seperti halnya produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan juga menjadi kebutuhan bagi banyak orang sebagai jaminan kesehatan apabila Anda sebagai tertanggung mengalami sakit tertentu. Asuransi ini menjadi penting karena sebaik-baiknya Anda atau keluarga sebagai pihak tertanggung menerapkan pola hidup yang sehat, risiko penyakit akan selalu ada.

Dengan asuransi kesehatan, Anda sudah memiliki perlindungan atas berbagai biaya yang mungkin dikeluarkan saat menderita penyakit tertentu, mengingat biaya pengobatan yang semakin hari semakin tinggi.

Asuransi kecelakaan 

Perusahaan yang memiliki kinerja baik, biasanya akan mendaftarkan karyawannya dalam asuransi kecelakaan. Namun, jika perusahaanmu tidak menyediakannya, lebih baik gunakan asuransi tersebut secara mandiri.

Manfaat dari asuransi kecelakaan sangat banyak. Mulai dari menjamin biaya medis seperti biaya dokter untuk pemeriksaan, biaya obat, higga biaya perawatan ditanggung oleh asuransi. Selain itu, jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan Anda meninggal atau cacat tetap, maka pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris atau tertanggung.

Tidak hanya itu saja, asuransi kecelakaan diri juga memberikan santunan atas hilangnya (tidak ditemukan) tertanggung dalam waktu minimal 60 hari sejak terjadi kecelakaan. Sehingga uang ini dapat sangat membantu perekonomian keluarga di saat Anda tidak mampu lagi bekerja.

Asuransi pendidikan

Semua orangtua ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Anda pun tentu demikian. Agar potensi sang anak dapat tersalurkan dengan baik, maka pemilihan institusi pendidikan yang terbaik menjadi hal yang patut diperhatikan.

Saat Anda sudah memiliki pilihan institusi pendidikan yang dirasa dapat memenuhi keinginan tersebut, maka hal berikut yang perlu dipikirkan adalah biaya. Biaya pendidikan terus meningkat setiap tahun, maka Anda tentu perlu mempersiapkannya sejak dini.

Dalam hal ini, asuransi pendidikan bisa menjadi solusi untuk menjamin pendidikan terbaik bagi anak-anak Anda di masa depan.

Asuransi pensiun

Setiap orang tentu akan mengalami masa pensiun, yaitu masa dimana seseorang sudah memasuki usia yang tidak lagi produktif untuk bekerja dan harus melepas pekerjaannya. Masa pensiun sering jadi mimpi buruk bagi sebagian orang yang sudah terbiasa bekerja aktif dan memiliki penghasilan, karena tentunya dengan tidak lagi bekerja, penghasilan tetap pun tidak lagi ada.

Hal tersebut menjadi sesuatu yang penting untuk dipersiapkan sejak awal, dan salah satu solusinya adalah melalui asuransi pensiun yang akan memberikan perlindungan finansial di masa pensiun.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version