Menu
in ,

Cara Memilih Aset NFT yang Tepat Bagi Pemula

Cara Memilih Aset NFT yang Tepat Bagi Pemula

FOTO : IST

Pajak.comJakarta – Belakangan ini aset Non-fungible Token (NFT) semakin ramai dibicarakan di tanah air. Apalagi, setelah Sultan Gustaf Al Ghozali menjual swafoto dari 2017 hingga 2021 dalam NFT Ghozali Everyday di platform OpenSea. Pemuda berusia 22 tahun asal Jepara, Jawa Tengah ini berhasil meraup dana hingga Rp 1,5 miliar dari koleksi foto pribadinya itu. Investasi NFT pun kian diminati banyak orang terlebih generasi Z dan generasi milenial (Zillenial), karena fenomena ini menawarkan banyak “cuan” dengan cepat—berikut risiko yang tinggi pula.

Buktinya, selama 2021, nilai perdagangan NFT di pasar dunia mencapai lebih dari 23 miliar dollar AS. Angka itu meningkat lebih dari dua puluh kali lipat dibandingkan dengan nilai perdagangan pada 2020 yang berada di bawah 100 juta dollar AS. Berkat antusiasme yang semakin meningkat, nilai investasi NFT diperkirakan tambah meroket di tahun ini.

Sejatinya, NFT merupakan koleksi digital bisa berupa gambar, karya seni, video, album musik, atau item gim. Barang-barang ini biasanya unik, dibedakan dengan nomor unik yang melekat padanya. Cara ini tentu membawa peluang yang lebih luas bagi para seniman, karena tidak perlu lagi harus bergantung pada galeri atau balai lelang untuk menjual karya seninya. Mereka dapat langsung menjual karya seni di lokapasar NFT, sekaligus dapat menentukan royalti dan menerima persentase penjualan setiap kali karya seni mereka berpindah tangan.

Meski sama-sama menggunakan teknologi blockchain, token ini unik karena tidak dimiliki secara populer oleh beberapa cryptocurrency seperti Ethereum dan Bitcoin yang dimiliki banyak pengguna. Untuk itulah, NFT adalah aset yang dianggap berharga karena keunikannya, tidak dapat ditukarkan, dan sekali pakai. Yang perlu diingat, meskipun NFT sedang menapaki popularitasnya jangan sampai Anda termakan keuntungan yang ditawarkan dan hindari pula berinvestasi karena takut ketinggalan zaman semata.

Anda perlu memiliki pemikiran yang matang dan tidak gegabah, sebagai perisai dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkan NFT—mengingat sifatnya yang sementara tetapi diiringi nilai investasi yang tidak sedikit. Nah, bagi Anda para pemula yang ingin mencoba berinvestasi NFT, ada baiknya memerhatikan beberapa hal bagaimana mendapatkan NFT yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan.

Riset secara menyeluruh

Memasuki dunia NFT diperlukan penelitian secara menyeluruh, khususnya bagi pemula. Riset setidaknya akan memberikan pandangan yang luas tentang plus minus sebuah aset NFT, sebelum Anda memutuskan untuk mengoleksinya. Terpenting, jangan pernah menginvestasikan uang di NFT atas rekomendasi orang mana pun tanpa melakukan riset. Riset juga penting dilakukan untuk menghindari penipuan NFT mengingat keberadaannya yang sedang populer.

NFT yang valid biasanya memiliki perusahaan dan pemasaran yang baik dikarenakan kompleksitas yang ada. Anda bisa menghindari penipuan dengan mengecek keaktifan media sosial perusahaan atau pembuat NFT. Dengan riset yang menyeluruh, Anda bisa yakin memilih item NFT yang diminati dan sesuai dengan prinsip kehati-hatian.

Tak hanya itu, riset juga membuat Anda meningkatkan literasi digital agar semakin cakap dalam memanfaatkan teknologi digital secara produktif dan kondusif. Anda bisa memanfaatkan NFT rarity tools untuk melakukan riset dan analisa. Selain penting untuk mengecek apakah aset NFT tersebut langka atau tidak, rarity tools juga bisa menentukan nilai serta ranking aset yang akan kita beli.

Pilih yang unik

NFT Ghozali Everyday adalah contoh karya digital yang unik, langka, dan memuat cerita di balik itu. Jika aset NFT yang diperjualbelikan semakin langka, maka tentu akan semakin bernilai dan mahal harganya. Ini sesuai dengan teori dasar ekonomi tentang supply dan demand. Apalagi, aset NFT itu biasanya punya ciri khas khusus yang tidak akan ditemui di aset lain.

Jadi, carilah item digital yang langka. Kalau digital art itu memiliki banyak kesamaan, tentu tidak memiliki keunikan dan value yang tinggi. Item digital yang berasal dari seniman ternama juga contoh lainnya yang bakal membuat nilai NFT makin berharga serta mahal dari waktu ke waktu. Misalnya saja penjualan Everydays oleh Beeple yang merupakan karya seniman bermutu tinggi, dan pihak perantara dan kuratornya adalah balai lelang kenamaan Christie’s.

Memiliki daya guna

Calon pembeli NFT harus tahu betul aset digital yang akan dimilikinya itu bisa memberikan nilai tambah atau added value atau tidak. Sebagai contoh adalah item gim yang bakalan bawa keuntungan bagi si empunya saat bermain. Axie Infinity misalnya, aset NFT yang juga dikenal sebagai GameFi ini tersedia dalam karakter langka yang bisa digunakan untuk bertarung dan mendapatkan keuntungan lebih besar. Jadi, Axie Infinity tetap bisa menguntungkan bagi pemiliknya yang tidak memainkan permainannya, walaupun tidak memberikan keuntungan maksimal dibandingkan yang bermain secara penuh.

Ada lagi NFT kuliner. Para kolektornya berkesempatan mendapat akses untuk makan di restoran eksklusif, jaringan franchise, atau sejenisnya. Pemilik token itu juga bisa mendapat diskon, berhak masuk dengan jalur cepat tanpa waiting list, dan lainnya sebagai penawaran tambahan.

Punya Komunitas

Tak dinyana, komunitas merupakan hal yang juga penting untuk diperhatikan sebelum membeli suatu karya di dunia NFT. Item itu akan semakin bernilai tinggi jika dibangun atas interest yang sama dari individu-individu yang legit. Tentunya, individu yang memiliki ketertarikan yang sama akan bersatu membentuk suatu tribe dan konsisten untuk selalu eksis.

Tak ada salahnya juga melihat komunitas yang membawa nilai keaslian item NFT kepada anggota, memiliki pola komunikasi dan interaksi yang terpelihara dengan baik, serta membawa orang-orang dengan perspektif yang berlawanan untuk menyeimbangkan pandangan kreator.

Anda bisa bergabung terlebih dahulu ke komunitas para seniman yang menggunakan NFT, yang bisa ditemukan di sejumlah platform media sosial. Mereka tak segan-segan membantu Anda memberikan informasi yang jelas dan luas tentang item yang tengah Anda minati. Keuntungan lainnya bergabung menjadi anggota komunitas, Anda bisa mendapatkan penawaran khusus yang hanya berlaku untuk internal circle dari senimannya langsung.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version