Menu
in ,

Balenciaga Terima Pembayaran Menggunakan Kripto

Pajak.com, Prancis – Balenciaga, salah satu merek mewah terkemuka di dunia, akan menerima pembayaran dengan mata uang kripto (cryptocurrency) mulai Juni 2022. Chief Executive Officer (CEO) Balenciaga Cedric Charbit menuturkan, untuk sementara jenis kripto yang bisa diterima, yakni bitcoin dan ethereum.

Sebagai tahap awal, merek yang didirikan oleh perancang busana Cristobal Balenciaga pada 1917 ini akan menerima pembayaran kripto di beberapa toko, antara lain Rodeo Drive di Beverly Hills, Madison Avenue di New York, serta pembelian on-line dari situs resmi Balenciaga. Perusahaan berharap dapat segera memperluas pembayaran kripto ke wilayah lain. Di sisi lain, situs resmi Belenciaga juga diharapkan dapat bertumbuh lebih pesat dan mampu melayani konsumen tanpa hambatan.

Direktur Kreatif Balenciaga Demna Gvasalia mengatakan, walaupun konsumen memesan produk melalui Instagram Balenciaga, namun transaksi pembayaran dengan kripto tetap dilakukan melalui website resmi

Balenciaga mengaku tidak takut dengan perubahan volatilitas pada alat pembayaran digital. Sebab sebelumnya, Balenciaga telah meluncurkan Non-Fungible Token (NFT) “Cristóbal Balenciaga: To the Moon” di pasar NFT Crypto.com. Koleksi NFT ini didedikasikan untuk mengenang Cristobal Balenciaga sebagai pendiri, sebelum merek dibeli oleh perusahaan bernama Kering. Sekilas informasi, Kering merupakan grup internasional yang berkantor pusat di Prancis dan fokus pada produksi barang mewah, tidak hanya Balenciaga, ada pula Gucci, Yves Saint Laurent, Bottega Veneta, Alexander McQueen, dan lain sebagainya.

Saat ini Balenciaga masih mendiskusikan rencana untuk mengintegrasikan token lain selain bitcoin dan ethereum di masa depan. Secara simultan, sistem informasi dan teknologi juga tengah dipersiapkan untuk mendukung rencana pembangunan ekosistem kripto yang lebih andal.

Sebelum Balenciaga, Gucci telah mengumumkan pemberlakuan pembayaran dalam bentuk kripto di beberapa toko cabang Amerika Serikat mulai akhir Mei 2022. Pada tahap awal, Toko Gucci yang bisa menggunakan pembayaran dengan kripto, antara lain Wooster Street di New York, Rodeo Drive di Los Angeles, Miami Design District, Phipps Plaza di Atlanta dan The Shops at Crystals di Las Vegas. Kemudian, menyusul di seluruh toko di Amerika Utara dan kemungkinan di beberapa toko Gucci di dunia, termasuk Indonesia.

Perusahaan asal Italia yang berdiri sejak 1921 itu akan menerima pembayaran dalam lebih dari 10 jenis koin, antara lain bitcoin, ethereum, wrapped bitcoin, litecoin, shiba inu, dogecoin, stablecoin, dan lainnya. Secara teknis, pembayaran dengan opsi kripto dalam toko Gucci akan dilakukan dengan tautan yang dikirim melalui email ke pelanggan. Tautan itu berisi kode QR yang memungkinkan pembeli melakukan pembayaran dari dompet kripto.

CEO Kering SA Francois Henri Pinault mengatakan, Gucci memiliki tim inovasi sendiri yang melihat peluang teknologi terbaru, seperti metaverse, web3.0, blockchain, termasuk cryptocurrency.

“Kami berada pada tahap yang sangat dewasa sebelum waktunya tentang apa yang mungkin terjadi dan tidak ada yang pasti,” kata Pinault dikutip dari Bloomberg.

Presiden dan CEO Gucci Marco Bizzarri menambahkan, Gucci telah memantapkan diri sebagai pengadopsi awal pembayaran kripto. Hal ini menandai langkah lain Gucci yang sebelumnya telah memadukan kehadiran fisik dengan Web3 yang baru muncul beberapa tahun belakangan. Seperti diketahui, Gucci mengumumkan sever Gucci Vault Discord yang terdiri dari dua proyek NFT, yakni SuperGucci dan Gucci Grail. Nantinya, pemilik dua NFT itu akan memiliki akses khusus untuk pemesanan awal koleksi Gucci sebelum dirilis ke masyarakat umum.

“Ini adalah langkah yang jelas mengikat koleksi NFT dan komunitas Web3 Gucci yang sedang berkembang dengan konsumsi dunia nyata, sebuah langkah signifikan untuk merek mewah. Gucci selalu ingin merangkul teknologi baru ketika mereka dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan kami. Sekarang, kami dapat mengintegrasikan cryptocurrency dalam sistem pembayaran kami. Ini adalah evolusi alami bagi pelanggan yang ingin opsi lain, semua akan tersedia untuk mereka,” ungkap Bizzari.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version