Menu
in ,

Airlangga Promosi KEK Batam kepada Dubes AS

Airlangga Promosi KEK Batam kepada Dubes AS

FOTO: IST

Airlangga Promosi KEK Batam kepada Dubes AS

Pajak.com, Batam – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan promosi potensi dan kapasitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park Batam kepada Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y. Kim dan Duta Besar Kanada untuk Indonesia Nadia Burger. Airlangga mengajak kedua dubes ini langsung mengunjungi KEK Nongsa Digital Park Batam, pada (4/11).

Sebagai informasi, KEK Nongsa Digital Park berada di kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan diresmikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2021. Letaknya yang dekat dengan Singapura, membuat KEK ini sebagai entry point bagi perusahaan informasi dan teknologi internasional, serta pengembangan pariwisata. KEK Nongsa Digital Park memiliki target total investasi sebesar Rp 39,9 triliun dengan penyerapan tenaga kerja sebesar 16.500 orang pada 2040.

“Guna semakin meningkatkan resiliensi perekonomian nasional, pemerintah terus mengakselerasi pengembangan KEK. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menarik lebih banyak investasi melalui berbagai kelebihan dan fasilitas yang ditawarkan oleh KEK. Ini menunjukkan bahwa Indonesia siap menerima untuk berbagai usulan proyek,” jelas Airlangga dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com(7/11).

Bersama kedua dubes ini, Airlangga menyaksikan secara langsung kesiapan KEK Nongsa Digital Park Batam sebagai showcase yang dapat menjadi daya tarik bagi investasi sektor digital. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Infinite Studios (studio animasi dana lam) KEK Nongsa Digital Park.

“Kunjungan ke Infinite Studios Nongsa Digital Park tentu meng-update mengenai digital park di sini, termasuk perkembangan dari KEK di Batam. Dan di kawasan ini tentu beberapa data center sudah dipersiapkan,” ujar Airlangga.

Infinite Studios di KEK Nongsa Digital Park diharapkan dapat berperan besar dalam pengembangan industri film, baik di Indonesia dan mancanegara, sehingga akan semakin banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya. Airlangga optimistis, Batam sebagai kawasan khusus lebih berpotensi menarik investor dibandingkan daerah lain.

Ia juga menyebutkan, terdapat komitmen tambahan dari International Business Machines Corporation (IBM) dibidang pendidikan untuk Kampus Merdeka Batam. Diharapkan pada Maret 2023 sudah mulai direkrut peserta didik untuk mengikuti program Hybrid Cloud Academy dan Artificial Intelligence. Terdapat pula komitmen beberapa pihak untuk melakukan investasi di bidang pengembangan data center.

“Ini menjadi sangat penting, talenta ada, lokasi ada, climate ada, pengalaman ada, tentu tinggal kita akan terus dorong investasi masuk. Dan, kami bangga, menjelang KTT G20 di Bali, dubes AS dan Kanada hadir melihat fasilitas yang ada,” ujar Airlangga.

Pada kesempatan yang sama, CEO Infinites Studios Mike Willuan dan Director of Nongsa Digital Park Marco Bardelli Senior juga meyakinkan bahwa KEK di Batam memiliki daya tarik yang kuat di sektor digital. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau pun turut mendorong KEK Nongsa Digital Park menjadi salah satu jembatan Indonesia menuju digital connectivity.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version