Menu
in ,

Strategi GoTo Dorong Integrasi Ekosistem Bisnis

Strategi GoTo Dorong Integrasi

FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT GoTo Gojek Tokopedia atau GoTo mengumumkan ada empat strategi GoTo yang dilakukan perusahaan untuk mendorong integrasi ekosistem bisnis berkelanjutan di masa depan.

Group CEO GoTo Andre Soelistyo menyampaikan, ke depan GoTo  akan fokus pada pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan, percepatan langkah menuju profitabilitas, serta rencana memperdalam sinergi ekosistem.

“Dalam setiap inovasi dan kegiatan bisnis GoTo, kami berkomitmen mencapai pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkelanjutan, mempercepat profitabilitas perusahaan, serta memperkuat sinergi antar-platform di dalam ekosistem GoTo,”  kata Andre dalam acara paparan publik (public expose) tahunan GoTo Jumat (10/6/2022).

Andre menyampaikan, perjalanan GoTo baru berlangsung satu tahun. Oleh karena itu perusahaan akan terus mengoptimalkan keunggulan bersaing (competitive advantage) kami untuk mendorong kemajuan dan membawa dampak positif  bagi seluruh lapisan masyarakat.

Setidaknya ada empat area sinergi ekosistem GoTo yang dipaparkan, berpijak dari prioritas perusahaan untuk meningkatkan sinergi di antara platform, direksi dan manajemen GoTo. Empat strategi itu meliputi meningkatkan cross-selling antarplatform; memaksimalkan strategi hyperlocal pada layanan logistik dan pemenuhan (fulfilment); mengintegrasikan layanan fintech antarplatform secara lebih dalam; dan meningkatkan layanan value-added (nilai tambah) untuk memberi manfaat lebih bagi mitra driver dan merchant.

Selebihnya, direksi dan manajemen perusahaan kembali memaparkan sejumlah pencapaian setelah satu tahun pembentukan Grup GoTo melalui kombinasi platform on-demand Gojek, dengan platform e-commerce Indonesia, Tokopedia. Pencapaian tersebut antara lain pertama, pertumbuhan pendapatan bruto Q1 2022 mencapai 53 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year-on-year/yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nilai transaksi bruto (gross transaction value atau GTV) sebesar 46 persen (yoy).

Kedua, peningkatan efisiensi operasional, yang tercermin dari meningkatnya margin kontribusi dan margin EBITDA yang disesuaikan untuk Q1 2022 sebesar masing-masing 24 poin persentase dan 14 poin persentase dibandingkan dengan Q4 2021. Pertumbuhan pada seluruh lini bisnis GoTo, termasuk di antaranya pertumbuhan pendapatan bruto untuk segmen on-demand sebesar 58 persen pada 1Q2022, pertumbuhan pendapatan bruto untuk segmen e-commerce sebesar 53 persen pada 1Q2022, dan tercatatnya pengguna dan GTV paling tinggi untuk sektor financial technology.

Ketiga, fokus Perusahaan pada sinergi ekosistem, mencakup di antaranya integrasi GoPay dan produk pembiayaan konsumen ke platform Tokopedia, peluncuran sistem poin penghargaan tunggal GoPay Coins, dan peningkatan pengalaman hyperlocal dengan mengintegrasikan Tokopedia dengan armada logistik on-demand Gojek.

Terkait dampak sosial, perusahaan juga menyampaikan integrasi sasaran keberlanjutan (sustainability) dalam rangka memberi dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat, melalui sasaran Tiga Nol (Three Zeros), yang terdiri dari nol emisi karbon, nol sampah, dan nol hambatan (zero emission, zero waste, zero barriers). Perusahaan telah menargetkan pencapaian sasaran yang telah ditetapkan pada tahun 2030, seiring semakin mendalamnya integrasi antara ketiga platform.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version