Menu
in ,

Sahid Jaya Targetkan Pertumbuhan 51 Persen Akhir 2021

Sahid Jaya Targetkan Pertumbuhan 51 Persen di Akhir 2021

FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Hotel Sahid Jaya International Tbk (HSJI) menargetkan pertumbuhan pendapatan di akhir 2021 mencapai 51 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Wakil Presiden Direktur Hotel Sahid Jaya Ratri Sryantoro Wakeling mengatakan, optimisme target pertumbuhan yang disampaikan manajemen perseroan itu berdasarkan performa perseroan yang perlahan pulih selama semester pertama 2021, seiring dengan pemulihan ekonomi nasional.

“Pemulihan profitabilitas merupakan fokus utama bagi Sahid dimana manajemen akan mempertahankan EBITDA di atas 33 persen. Kami berharap dapat mempertahankan growth trajectory saat ini dan menutup 2021 dengan pertumbuhan pendapatan 51 persen, lebih kuat dibandingkan dengan periode 2020,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Selasa (31/8).

Pertumbuhan itu bisa didapat jika target pertumbuhan okupansi kamar mencapai 41 persen bisa tercapai. Target ini terbilang ambisius mengingat tahun lalu tingkat keterisian hotel hanya sebesar 20 persen dengan harga rerata kamar senilai Rp 608.000.

Ratri menyebut, rata-rata harga kamar di kuartal kedua hanya terpaut 13 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sehingga, secara keseluruhan pendapatan per jumlah kamar tersedia di kuartal kedua 2021 mengalami kenaikan menjadi Rp 250.666, atau meningkat 63 persen—suatu capaian yang bahkan melampaui era pra-pandemi.

“Dengan pondasi kuat yang akan kami bangun di 2021 dan dengan terjadinya pelonggaran pembatasan sosial, kami optimistis pemulihan akan mulai terjadi di 2022. Kami percaya bahwa Sahid mampu bangkit dan akan segera beradaptasi dengan berbagai situasi dan tantangan baru sekaligus membangun ketangguhan bisnis melalui berbagai inovasi,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, perusahaan dalam proses menerapkan strategi pemulihan akan berfokus pada empat pilar utama. Pertama, optimalisasi pendapatan melalui perluasan varian produk dan jasa di luar kamar, makanan dan minuman, pemanfaatan ruang di seluruh aset, kegiatan dan acara di ruang terbuka, serta berkolaborasi dengan pihak ketiga untuk formulasi produk dan jasa baru.

“Pada Semester dua di 2021, kami akan luncurkan empat inisiatif utama yang meliputi outdoor/rooftop private event space (Rimbun), penyediaan ruang bagi content creators (Creators Hub), hunian co-living (Ikigai Residence), dan RR Chocolate yang merupakan destinasi kulinari luxury chocolate terbaru di Jakarta,” ucap Ratri.

Kedua, melakukan terobosan digitalisasi dengan meningkatkan layanan perhotelan minim kontak yang diyakini akan memberikan kenyamanan dan kebersihan bagi para tamu, serta penggunaan aplikasi e-Concierge untuk meningkatkan pengalaman mereka selama masa penginapan.

“Dengan menggunakan aplikasi seluler ini, para tamu akan dapat memesan layanan di hotel secara contactless. Selain itu, kami juga akan meluncurkan beberapa digital initiatives yang terus kami kembangkan untuk seluruh portfolio Sahid Hotels & Resorts,” kata dia.

Ketiga, peningkatan kualitas aset secara berkelanjutan melalui langkah renovasi, implementasi rencana pembaruan dan perbaikan properti, standarisasi desain dan interior, serta digitalisasi proses pemantauan aset.

“Selama 18 bulan terakhir, kami melanjutkan program upgrade dan renovasi aset. Ini termasuk renovasi 140 kamar tamu superior, renovasi grand ballroom Puri Agung kami dengan interior dan fasilitas yang baru, serta melakukan renovasi kafe teras kami Arkopilago,” lanjutnya.

Keempat, Sahid Jaya akan memulai langkah menuju zero net carbon dengan meningkatkan kontrol dan pemantauan konsumsi sumber daya, aktif mendorong operasi low carbon, melakukan transisi ke energi rendah emisi, serta menjelajahi offset bersertifikat.

Selama beberapa tahun terakhir, lanjut Ratri, pihaknya telah transisi ke peralatan inti rendah emisi, meningkatkan kontrol dan pemantauan untuk mengurangi konsumsi sumber daya (air, gas, listrik), mengurangi penggunaan plastik, dan menjajaki penggunaan kemasan makanan (reusable) yang dapat digunakan kembali sambil tetap menjaga kehigienisan dan kenyamanan pelayanan.

Di luar itu, Ratri juga umumkan penambahan pengelolaan satu hotel baru ke portfolio mereka yaitu The Allure Villas Pangandaran yang akan beroperasi pada kuartal-IV 2021. Berkolaborasi dengan berbagai maskapai penerbangan, Sahid Hotels & Resorts juga akan meluncurkan berbagai promosi menarik bertajuk Bundling Fly & Stay.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version