Menu
in ,

Ridwan Kamil Luncurkan Aplikasi Sapawarga

Aplikasi Sapawarga

FOTO: IST

Pajak.comDepok – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil luncurkan aplikasi pemesanan minyak goreng bersubsidi melalui Aplikasi Sapawarga, di Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (8/4/2022). Program yang digulirkan di tengah kenaikan harga bahan pokok dan Bahan Bakar Minyak (BBM) ini dinamakan Pemirsa Budiman (Pemesanan Minyak Goreng Curah Bersubsidi via Aplikasi Sapawarga Untuk Ibu-ibu Di mana-mana).

Program ini ditujukan untuk membantu masyarakat menengah ke bawah—khususnya ibu-ibu yang kerap mengantre minyak goreng.

“Alhamdulillah, aplikasi khusus untuk pemesanan minyak goreng curah bersubsidi yang baru diluncurkan hari ini. Program ini sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat Jawa Barat memperoleh minyak goreng,” kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil ini.

Ia mengatakan, biaya antar pemesanan minyak goreng ini akan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dengan kata lain, masyarakat hanya perlu membayar harga minyak gorengnya saja. Adapun harga minyak goreng curah dipatok dengan harga Rp 14 ribu per liter dan Rp 15.500 per kilo.

Agar adil, warga dijatah maksimal tiga liter untuk satu bulan. Emil mengklaim akan menugaskan PT Agro Jabar untuk mencari minyak goreng kemudian dibagikan kepada rumah-rumah tangga dengan cara yang nyaman. Adapun teknis pemesanan minyak goreng di Aplikasi Sapawarga tak bisa dilakukan oleh pribadi, melainkan dikoordinasi oleh RW (Rukun Warga), dengan prioritas wilayah yang harganya minyak gorengnya masih tinggi.

Selain untuk meredam lonjakan permintaan, pihak RW lebih mengetahui siapa saja warga yang paling membutuhkan minyak goreng. Namun, sebelum melakukan pendaftaran, Ketua RW dibantu RT setempat melakukan pendataan permohonan minyak goreng curah ke warga setempat melalui Sapawarga.

Setelah masuk aplikasi, Ketua RW bisa klik pada banner “Pesan Minyak Goreng Curah”. Kemudian Ketua RW mengisi formulir pemesanan minyak goreng curah sesuai instruksi pada halaman awal formulir. Selanjutnya, Ketua RW akan mendapatkan notifikasi informasi jadwal pelaksanaan pengambilan minyak goreng, dan menginformasikannya kepada warga penerima. Jadwal pengiriman minyak goreng curah dengan estimasi waktu penerimaan minyak goreng curah adalah tujuh hari setelah pendataan permohonan sesuai titik yang terpilih.

Di kelurahan atau titik terpilih, PT Agro Jabar melakukan pengisian minyak goreng curah ke setiap wadah/jeriken. Selanjutnya, Ketua RW dibantu RT setempat membagikan minyak goreng curah sesuai pesanan warga.

“Jadi di aplikasi Sapawarga yang dipegang Ketua RW, tinggal diklik saja pemesanan minyak gorengnya, masukan alamat, berapa jumlahnya, nanti dikirim. Jadi ibu-ibu tak usah antre lagi. Makanya tolong setelah ini geruduk RW-nya, ya. Datengin RW-nya untuk bantu masyarakat pesan minyak goreng,” tuturnya.

Emil mengemukakan, Permirsa Budiman merupakan program sementara yang dilakukan di masa krisis di tengah kondisi kenaikan harga bahan pokok dan BBM di bulan Ramadan. Sebagai awal, Emil menyiapkan target 1 juta liter minyak goreng. Warga di daerah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek) akan didahulukan untuk program minyak goreng ini.

“Mudah-mudahan kalau lancar di Bodebek insyaAllah daerah-daerah lain se-Jawa Barat tentunya mengikuti itu,” pungkasnya.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version