Menu
in ,

NEC Indonesia Terapkan “Edge Computing” Industri

Stratus Technologies dan NEC Indonesia Terapkan “Edge Computing” Industri

FOTO: IST

Pajak.com, Singapura – Stratus Technologies – Perusahaan global dalam platform komputasi tepi (edge computing) menjalin kemitraan dengan PT NEC Indonesia, perusahaan penyedia solusi telekomunikasi dan teknologi informasi untuk menghadirkan produk berbasis edge computing yang mempercepat transformasi digital pelaku industri menuju era Industri 4.0 dan Industrial Internet Of Things (IIoT). Melalui kerja sama ini, Stratus siap mendukung vertikal bisnis utama di Indonesia seperti sektor ritel, energi, minyak & gas, transportasi, farmasi, dan bangunan pintar (smart building).

Operation Director PT NEC Indonesia Edi Rachmadi mengatakan, kolaborasi dengan Stratus Technologies ini untuk memberikan solusi mutakhir yang membantu pelanggan pengguna mendapatkan keuntungan operasional melalui infrastruktur edge mereka.

“Kemitraan strategis ini akan berdampak signifikan dalam memecahkan tantangan bisnis di Indonesia, mulai dari melaksanakan kegiatan operasional jarak jauh (berbasis remote) hingga otomasi sistem, bahkan mampu diterapkan di lingkungan yang paling ekstrem sekalipun,” kata Edi melalui keterangan tertulis Kamis, (15/7/21).

Sebagai informasi, edge computing adalah proses komputasi yang difokuskan untuk memproses lalu lintas IoT dan penyimpanan data sedekat mungkin dari sumber data ke pusat data sehingga dapat mengurangi latensi dan penggunaan bandwidth yang tidak diperlukan. Secara sederhana, edge computing menjalankan proses seminimal mungkin dari komputasi awan (cloud) dan memindahkannya pada tempat lokal layaknya penggunaan komputer secara personal. Konsep ini dapat membawa komputasi pada jaringan edge untuk mengurangi komunikasi jarak jauh antara client dan server.

Edi mengatakan, di berbagai industri, perusahaan kini dituntut untuk mampu meningkatkan produktivitas, mengurangi masa downtime, meringkas pekerjaan, dan mendorong efisiensi biaya. Dengan kemitraan ini, pelanggan bisa mendapatkan platform edge computing Stratus yang ‘zero touch’ (tanpa sentuh) dengan karakteristik sederhana, terproteksi, dan independen melalui jaringan PT NEC yang luas di Indonesia. Platform edge computing milik Stratus Technologies memungkinkan perusahaan untuk mencapai kinerja maksimal dan menghilangkan downtime untuk aplikasi dan operasi yang penting bagi bisnis.

Managing Director Stratus Lin Hoe Foong menambahkan, kolaborasi ini akan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan edge computing dan membantu lebih banyak pelanggan dari berbagai vertikal bisnis, seperti perusahaan manufaktur dan infrastruktur agar menuai kesuksesan dengan teknologi yang diterapkan itu.

“Dengan mempercepat integrasi OT (operational technology) dan IT (information technology), edge computing akan semakin melekat dalam proses sehari-hari di lingkup industri dan komersial. Kami berkomitmen untuk bekerja sama memperkuat pengguna dalam mewujudkan cita-cita transformasi digital mereka,” kata Foong.

Foong mengatakan, untuk menunjang para pengambil kebijakan perusahaan dalam proses digitalisasi operasional bisnis dengan risiko yang minim, Stratus Technologies memastikan aplikasi penting yang berkelanjutan bagi bisnis dengan menghadirkan platform edge computing yang mudah diterapkan dan dirawat, terlindungi dari gangguan dan ancaman, serta independen. Kehadiran edge-computing zero-touch’ ini memungkinkan perusahaan Fortune 500 global dan bisnis skala kecil hingga menengah bisa memproses data menjadi kecerdasan praktis, dengan aman dan jarak jauh mengubah data sehingga bisa diproses dan lebih pintar pada edge, cloud, dan pusat data. Hal ini akan mendorong kemudahan operasional dan efisiensi.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version