Menu
in ,

Blibli Alami Peningkatan Transaksi Selama Ramadan

Pajak.com, Jakarta – Meskipun pemerintah melarang mudik, masyarakat tetap merayakan kebersamaan dan kebahagiaan di momen Idulfitri secara virtual dengan mempersiapkan penampilan yang menarik. VP Business Development Blibli Cindy Kalensang mengemukakan, platform belanja digital pun menjadi support system masyarakat dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Idulfitri kali ini.

“Pandemi yang masih berlangsung ini telah mendorong masyarakat, baik di dalam maupun di luar ibu kota, semakin memaksimalkan e-commerce untuk membeli berbagai kebutuhan dengan pengalaman belanja yang menyenangkan,” kata Cindy melalui keterangan resmi yang diterima Pajak.com, dikutip Jumat (14/5).

Peningkatan belanja daring (on-line) pun terlihat pada e-commerce yang ada sejak tahun 2011 ini selama Ramadan. Cindy mengungkapkan, peningkatan order selama program Festival Hikmah Ramadan terjadi di beberapa kategori seperti produk sembilan bahan pokok, teknologi, kesehatan dan kecantikan, fesyen muslim, hingga investasi emas dan logam mulia.

Ia menyebut, pemesanan produk kategori Fashion Muslim meningkat hingga lima kali lipat dibanding hari biasa.

“Salah satu produk yang paling digemari konsumen yakni Baju koko, karena mudah dipadukan dengan outfit lainnya secara kreatif di momen hari raya,” ucapnya.

Cindy juga bilang, kesadaran keuangan masyarakat ikut terlihat selama program berlangsung. Blibli mencatat, permintaan produk investasi di kategori Logam Mulia & Perhiasan Emas meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Emas, lanjut Cindy, sebagai salah satu investasi perhiasan yang dianjurkan bagi umat Muslim menjadi barang favorit selama bulan Ramadan.

Di kategori Kesehatan dan Kecantikan, serta kategori BlibliMart yang berisi kebutuhan groceries ikut tumbuh dua kali lipat dibanding harian. Ia mengatakan, produk berupa sirup, madu, minuman bersoda, serta biskuit dan snack sebagai santapan tepat saat berbuka puasa juga mengalami pertumbuhan permintaan yang kuat.

“Selain kebutuhan keseharian, banyak pelanggan yang memanfaatkan momentum Ramadan ini untuk membeli barang penunjang olahraga dari kategori Handphone, Tablet & Wearable Gadget, sehingga kategori ini meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasa,” imbuhnya.

Sementara produk seperti smartwatch dan aksesoris wearable banyak dipesan oleh pelanggan untuk menemani mereka bersepeda ringan atau jogging saat ngabuburit. Produk-produk smart home seperti robot vacuum dan air purifier juga menjadi alternatif yang tepat untuk menjadikan rumah nyaman ketika puasa, meski ditinggal asisten rumah tangga.

“Performa produk dari berbagai kategori di Blibli ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital semakin menjadi hal yang inklusif bagi masyarakat. Oleh karena itu, Blibli akan terus memperkuat layanan bagi pelanggan dengan fitur pengiriman cepat, didukung oleh warehouse yang tersebar di 15 kota-kota besar di Indonesia dan kemitraan logistik yang lengkap” ucapnya.

Cindy juga mengungkapkan, pemanfaatan platform digital untuk memenuhi kebutuhan di berbagai momen penting seperti Ramadan itu mulai dilakukan masyarakat di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal ini tergambar dari beberapa wilayah yang mengalami pertumbuhan order paling tinggi, menjangkau Sabang hingga Merauke.

“Wilayah tersebut antara lain Simeulue di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sidenreng Rappang/Rapang di provinsi Sulawesi Selatan, Yahukimo di Papua, Katingan di provinsi Kalimantan Tengah, hingga Kerinci di provinsi Jambi,” katanya.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version