Menu
in ,

Agar Terhindar Penipuan Investasi Aset Kripto

Pajak.com, Jakarta – Di tengah berkembangnya industri aset kripto di Indonesia, akhir-akhir ini tingkat penipuan sektor ini pun semakin marak. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahkan telah mengeluarkan imbauan terhadap dugaan penipuan skema ponzi investasi aset kripto. Lantas, apa yang harus dilakukan para investor agar terhindar dari penipuan investasi aset kripto?

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) & COO Tokocrypto Teguh Kurniawan Harmanda menyatakan sepakat dengan OJK untuk mewaspadai dugaan penipuan skema ponzi atau money game investasi aset kripto. Untuk itu, perdagangan aset kripto di Indonesia, dari sisi transaksi telah diatur resmi oleh Bappebti, mulai dari pembelian aset kripto hingga jenis token/koin yang diperbolehkan

Manda menjelaskan, setiap produk investasi pasti memiliki risiko. Semakin tinggi potensi keuntungan juga akan diikuti dengan semakin tingginya tingkat risiko, begitu pun sebaliknya.

“Sejauh ini kasus-kasus yang terjadi tidak menyurutkan minat masyarakat untuk berinvestasi aset kripto. Namun, kami tidak tutup mata dan akan bertindak sesuai dengan porsi (kapasitas dan kewenangan) untuk mencegah hal itu terulang kembali,” kata Manda dalam keterangan tertulis Minggu (30/1/22).

Menurut Manda, investasi aset kripto ilegal atau bodong biasanya beroperasi dengan berbagai modus. Misalnya, menjanjikan pendapatan tetap dan menjanjikan bonus dari mendapatkan anggota baru (skema ponzi). Ada pula modus seperti iming-iming dapat hadiah atau airdrop, modus menerima pengelolaan dana dengan imbal hasil besar dalam waktu singkat. Kemudian, scam fake account sebagai eksekutif exchange dan menghimpun dana.

“Pelaku memanfaatkan ketidakpahaman masyarakat untuk menipu dengan cara iming-iming pemberian imbal hasil yang sangat tinggi dan tidak wajar, namun terlebih dahulu masyarakat diminta menempatkan/menyetorkan dananya. Kami mengapresiasi pihak kepolisian, OJK, Bappebti dan lainnya yang sigap untuk menelusuri dan mencegah penipuan investasi aset kripto bodong yang terjadi selama ini,” ungkap Manda.

Manda mengatakan, Perdagangan atau investasi aset kripto di Indonesia diperbolehkan dan diawasi oleh Bappebti di bawah Kementerian Perdagangan sejak 2019. Dalam perdagangan aset kripto, Bappebti mengeluarkan aturan Nomor 6 tahun. 2019 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan. Di dalam aturan tersebut ada regulasi AML (Anti Money Laundering) yang mewajibkan pedagang aset kripto melakukan prosedur KYC (Know your Customer), yang artinya saat ingin membuat akun diharuskan mengunggah KTP sebagai identitas.

Upaya mengedukasi kepada masyarakat tentang kehati-hatian dalam berinvestasi aset kripto terus dilakukan. Di samping itu, asosiasi dan pedagang aset kripto menyambut baik diskusi dengan semua stakeholder terkait dan terus berkontribusi untuk membangun pemahaman yang lebih dalam tentang manfaat industri aset kripto dan ekosistem blockchain yang sehat.

Untuk menghindari penipuan investasi di dunia kripto dan token/koin abal-abal Manda menyarankan, sebelum investasi di project kripto, investor harus melihat kontrak analisisnya, apakah mereka verified atau tidak. Verified ini maksudnya, apakah kripto itu sudah diaudit oleh pihak ketiga atau belum. Kemudian, investor juga disarankan melihat hodler Analysis. Misalnya, holder-nya dari developer saja bahkan sampai 100 persen, maka itu akan terjadi seperti koin Squid Game.

“Liquidity Analysis, kalo misalkan liquidity-nya enggak di-lock, kemungkinan besar liquidity bisa ditarik oleh developer atau pemilik sehingga token itu jadi enggak ada harganya,” tutur Manda.

Manda juga menyarankan agar masyarakat menyelidiki website, channel media sosial dari developer atau token/koin kripto tersebut. Tak kalah penting, cek juga daftar CoinMarketcap, Coingecko, & gate.io dapat menjadi indikator legitimasi proyek yang layak. Mereka memiliki persyaratan daftar yang lebih ketat. Semakin banyak listing maka semakin banyak legitimasi yang dimiliki sebuah proyek.

Terakhir, selidiki identitas developer kripto. Dalam cryptocurrency, doxing pengembang kripto adalah hal yang baik. Ini berarti bahwa ia mengekspos identitas asli dan wajah mereka, dan dapat menjadi tanda kepercayaan. Namun hati-hati, para penipu biasanya bisa menggunakan identitas palsu.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version