Menu
in ,

Lapor SPT Mudah Pakai e-Filing, Pesohor Sudah Lapor?

Pajak.comJakarta – Di tengah kesibukannya sebagai pesohor tanah air apakah mereka sudah lapor SPT? Astrid Tiar, Boy William, dan Poppy Sovia rupanya tak melupakan kewajibannya untuk menyampaikan SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi (OP) Tahun Pajak 2021 secara e-Filing. Astrid yang punya kesibukan sebagai presenter dan aktris ini mengungkapkan, dirinya telah melaporkan SPT Tahunan melalui laman DJP Online sehingga tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor pajak.

“Untuk lapor SPT, saya tidak perlu datang ke KPP (Pratama Jakarta) Cengkareng tempat saya terdaftar, cukup melaporkan melalui DJP Online,” katanya dilansir dari video yang diunggah akun Instagram Kanwil DJP Jakarta Barat, dikutip Kamis (17/3).

Perempuan bernama lengkap Astrid Tiar Josephine Panjaitan ini juga mengimbau agar masyarakat Wajib Pajak segera melaporkan SPT Tahunan Orang Pribadi, karena batas akhir penyampaiannya jatuh pada tanggal 31 Maret.

“Yuk, lapor SPT hari ini, lebih awal lebih nyaman. Pajak kuat Indonesia maju!” ucapnya lantang.

Setali tiga uang, content creator YouTube serta bintang iklan Boy William juga turut merasakan kenyamanan melaporkan SPT Tahunan melalui e-Filing. Ia menilai, e-Filing telah memudahkannya menjalankan kewajiban sebagai Wajib Pajak di tengah kesibukannya yang selalu berpindah lokasi.

“E-Filing ini sangat memudahkan aku untuk lapor SPT, guys. Apalagi aku, kan, kerjanya mobile banget, pindah-pindah terus dan kadang suka repot kalau harus ke kantor pajak,” katanya dalam video yang diunggah akun Instagram KPP Pratama Tangerang Barat.

Selain memudahkan, Boy merasakan kalau pelaporan SPT Tahunan melalui e-Filing juga telah efektif menghemat waktu dan energinya ketimbang harus mendatangi kantor pelayanan pajak. Ia juga tak lupa mengajak para pengikutnya untuk segera melaporkan SPT Tahunan secara elektronik karena terbukti sangat praktis.

“Ayo, buruan lapor SPT sebelum akhir Maret. Tinggal input, klik, klik, klik. Pokoknya praktis dan mudah banget,” ucap Boy.

Pemain film Poppy Sovia turut menuturkan hal senada. Wajib Pajak yang juga terdaftar di KPP Pratama Tangerang Barat seperti Boy ini mengatakan, melaporkan pajak secara on-line lebih mudah dan nyaman, apalagi bagi Wajib Pajak yang memiliki kegiatan usaha sehari-hari yan menyita waktu hingga seharian.

“Jangan lupa laporin SPT Tahunan ke kantor pajak, tapi kalau memang enggak sempat tinggal pakai e-Filing saja,” ujar Poppy.

Pemain film Ghibah ini menambahkan, Wajib Pajak sebaiknya memanfaatkan internet dan menyampaikan SPT Tahunan di mana pun dan kapan saja.

“Daripada kita antre ke kantor pajak banyak banget orang yang nunggu lama, mendingan kita manfaatin internet. Di rumah, di mana pun, kapan pun bisa lapor bukti potong pajak dengan e-Filing,” ucapnya.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) hingga Selasa (15/3) pukul 08.37, SPT Tahunan PPh yang telah disampaikan mencapai 6,3 juta SPT. Jumlah itu terdiri dari 189,4 ribu merupakan WP Badan dan sebanyak 6,2 juta merupakan WPOP.

DJP menyatakan, jumlah wajib SPT di tahun 2022 adalah sekitar 19 juta dengan rasio kepatuhan ditargetkan bisa mencapai 80 persen pada akhir Maret nanti. Dengan demikian, realisasi pencapaian rasio kepatuhan hingga 15 Maret 2022 baru tercapai sebesar 33,63 persen.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version