Menu
in ,

Kota Cirebon Hadirkan “Virtual Account” untuk Bayar Pajak

Pajak.com, Cirebon – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon memberikan solusi dan kemudahan kepada Wajib Pajak (WP) dalam membayar pajak. Kini, hal tersebut dapat dilakukan melalui virtual account yang disediakan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD). Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengungkapkan, inovasi ini dilakukan semata-mata demi memberikan kemudahan bagi WP dalam menunaikan kewajibannya sebagai warga negara yaitu membayar pajak.

“Pembayaran pajak bisa dilakukan dimana pun, kapan pun dan di bank mana pun,” ungkapnya usai peluncuran virtual account on-line, dikutip dari laman Cirebonkota.go.id pada Jumat (08/07).

Azis menambahkan bahwa virtual account on-line merupakan bagian dari kebijakan Pemda Kota Cirebon menuju smart city. Maka, dengan adanya hal tersebut diharapkan pengelolaan pajak daerah dilakukan berbasis teknologi yang andal dan transparan.

Virtual account merupakan salah satu implementasi dari program smart city Kota Cirebon,” tambahnya.

Selain itu, untuk mendukung transparansi dalam pengelolaan pajak daerah, BPKPD telah menyediakan website dan aplikasi agar WP bisa memantau informasi pembayaran pajak daerah secara real time dan transparan.

“Kami meminta masyarakat sama-sama melihat apakah pajak yang dibayarkan sudah sesuai atau tidak dengan yang ada di info pajak,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, pemberlakuan virtual account juga bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dimana pajak yang dibayarkan oleh WP akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk program pembangunan pemerintah.

“Selama ini, fasilitas publik yang dinikmati berasal dari pembayaran pajak. Oleh sebab itu kami mengajak WP membayar pajak secara taat dan tepat waktu,” ujar Azis.

Sementara itu, Kepala BPKPD Kota Cirebon Syaroni meminta program ini didukung seluruh WP dan instansi terkait. Mengingat, optimalisasi PAD bukan hanya tanggung jawab BPKPD, namun seluruh elemen masyarakat.

“Kami mengajak bersama-sama mengoptimalkan penerimaan PAD melalui virtual account on-line,” katanya.

Pihaknya pun memberikan apresiasi positif dan mengucapkan terima kasih kepada Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Cabang Cirebon dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, yang telah berkolaborasi dan bekerja sama dengan baik. Khususnya dalam mengembangkan fitur-fitur pelayanan pembayaran pajak daerah di Kota Cirebon.

“Semoga hasil kolaborasi ini dapat terus meningkat di tahun-tahun mendatang dan menjadi inovasi terdepan dalam pembayaran pajak daerah berbasis digital,” tuturnya.

Selain peluncuran virtual account, BPKPD juga membuka layanan tax gathering dan memberikan penghargaan bagi perangkat daerah dan WP berprestasi di Kota Cirebon.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version