Menu
in ,

Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Ide Bisnis Rumahan

FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Memulai ide bisnis atau usaha rumahan bisa menjadi alternatif yang menguntungkan bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa harus kerja kantoran. Atau, Anda juga bisa mencoba bisnis di rumah untuk mendapatkan passive income, yang saat ini bisa dibilang merupakan rencana keuangan wajib.

Apalagi, di masa pandemi seperti sekarang, ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa Anda segera jalankan. Anda tinggal pilih ide bisnis rumahan tersebut dan segera membukanya bahkan hanya dengan modal yang tak begitu besar. Akan tetapi, untuk memulai sebuah bisnis rumahan diperlukan persiapan yang cukup matang.  Dikutip dari cimbniaga.co.id, berikut beberapa tips menjalankan ide bisnis rumahan yang perlu Anda ketahui.

Pertama, jangan takut gagal. Setiap pebisnis akan berhadapan dengan dua pilihan, sukses atau gagal. Meski masih pemula, Anda harus bisa mengatasi rasa takut tersebut. Tentunya, perasaan ini hanya akan menghantui setiap keputusan yang Anda buat dan bisnis bisa berakhir gagal. Maka, bangkitkan mental dan yakinkan bahwa Anda memiliki segala sesuatu untuk membuat bisnis sukses.

Kedua, mempelajari pengelolaan administrasi. Meskipun ide bisnis rumahan berlangsung secara kecil-kecilan, penting untuk mempelajari hal dasar dari pengelolaan administrasi yang baik. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah jangan pernah mencampurkan keuangan bisnis dengan pribadi. Pengelolaan administrasi yang tertib akan mempermudah kelangsungan usaha rumahan yang sedang Anda jalani.

Ketiga, pilih ide bisnis rumahan sesuai minat. Membangun bisnis adalah hal yang sulit. Namun, bisnis yang sesuai passion akan membuat segala hal terasa mudah karena Anda benar-benar menyukai apa yang Anda lakukan. Jika Anda suka memasak, buka usaha kuliner di rumah. Intinya, pilihlah usaha yang benar-benar membuat Anda lebih hidup dan bahagia.

Keempat, tentukan visi dan misi. Menentukan visi dan misi akan membantu Anda menentukan tujuan dan arah ide bisnis rumahan. Dengan memiliki target, Anda akan mempunyai tujuan yang ingin Anda capai sehingga bisnis akan terus berkembang.

Kelima, tentukan waktu tepat untuk memulainya. Bisnis yang sukses selalu bermula dari perencanaan yang baik. Salah satu perencanaan yang harus Anda pikirkan adalah kapan waktu untuk memulai bisnis rumahan. Jika melakukannya tanpa perhitungan yang cermat, bisa-bisa usaha yang terbentuk dengan modal tidak sedikit malah berujung kegagalan.

Keenam, hitung kebutuhan modal. Hitunglah juga apakah Anda punya modal yang cukup untuk memulai usaha yang akan dipilih. Hindari membeli barang-barang yang belum perlu agar Anda bisa mengalokasikannya ke hal yang benar-benar esensial.

Selain itu, sebelum menentukan ide bisnis rumahan yang tepat untuk Anda jalankan tentu harus memerhatikan ketersediaan modal. Berikut beberapa referensi bisnis rumahan yang cocok untuk Anda dengan modal yang tak begitu besar.

Berjualan Camilan atau Makanan

Seperti diketahui, ada potensi besar dari bisnis ini, misalnya dengan berjualan aneka kue atau jajanan pasar, atau camilan yang digemari orang Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa membuka warung makan. Dengan modal yang tak begitu besar, Anda bisa membantu banyak orang mengatasi rasa lapar setelah seharian beraktivitas. Usaha ini sangat cocok jika rumah Anda berlokasi di daerah yang ramai seperti yang dekat dengan kampus, perkantoran, atau sekolah.

Jual pulsa elektrik dan paket internet

Di era ini, smartphone adalah kebutuhan pokok yang tak bisa ditawar lagi keberadaannya. Anda pun bisa membuka jasa jual pulsa elektrik dan paket internet melihat besarnya peluang tersebut. Ide bisnis rumahan ini juga tak membutuhkan modal yang besar. Anda pun hanya perlu mendaftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket internet yang bahkan bisa diakses secara on-line.

Jasa penjahit pakaian

Jika Anda punya hobi menjahit, Anda dapat menekuni bisnis rumahan ini. Bahkan banyak yang tidak mengetahui bahwa usaha ini selalu menjadi incaran banyak orang, karena ada banyak sekali peluang bisnis darinya. Anda bisa membuka jasa ini untuk menjahitkan pakaian untuk pernikahan atau acara formal tertentu.

Membuka Jasa Foto dan Video

Ide bisnis rumahan yang satu ini bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan. Semua orang mungkin bisa mengambil gambar atau merekam video, namun tidak semuanya bisa melakukannya secara profesional. Jasa foto dan video yang Anda buka bisa melayani bermacam-macam keperluan. Mulai dari acara pernikahan, foto wisuda, dan acara penting lainnya yang membutuhkan jasa Anda.

Membuka Warung Kopi

Kopi adalah salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Meski kini kafe telah menjamur dan menawarkan berbagai jenis kopi di setiap sudut kota, namun ide usaha rumahan ini juga bisa Anda pilih dengan bermodalkan teras dan beberapa alat peracik kopi. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa diperlukan juga sedikit latihan untuk mengolah kopi dengan baik. Jika dikelola dengan baik, bisnis rumahan ini bisa berkembang menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

Itulah beberapa ide bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan. Anda pun bisa terus mengembangkan bisnis sesuai dengan passion bisnis rumahan yang Anda pilih. Selamat mencoba.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version