Menu
in ,

Jokowi: Pertamina Akan Investasi Rp 1,5 M Dollar AS di Kenya

Jokowi: Pertamina Akan Investasi

FOTO: Setkab RI

Jokowi: Pertamina Akan Investasi Rp 1,5 M Dollar AS di Kenya

Pajak,com, Kenya – Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Republik Kenya William Ruto di State House, Nairobi, Republik Kenya, (21/8). Pertemuan bilateral ini membahas sejumlah kerja sama dalam pelbagai sektor melalui pembentukan Preferential trade agreement (PTA). Jokowi pun meminta dukungan Presiden Ruto agar rencana investasi PT Pertamina (Persero) pada sektor panas bumi di Kenya dapat segera terealisasi sebesar 1,5 miliar dollar AS.

“Indonesia ingin meningkatkan investasi di Kenya, terutama di sektor energi. Untuk itu, saya minta dukungan agar investasi Pertamina dengan Geothermal Development Company senilai 1,5 miliar dollar AS dan dengan Goma Group dapat segera terealisasi dan diperluas di bidang EBT (energi baru terbarukan). Indonesia dan Kenya juga perlu membentuk BIT (bilateral investment treaty) untuk mempermudah investasi antar-negara, ” ungkap Jokowi dalam keterangan tertulis, dikutip Pajak.com, (22/8).

Selain itu, Jokowi dan Presiden Ruto juga membahas beberapa hal, seperti peningkatan perdagangan yang mencapai 507 juta dollar AS pada tahun 2022, hingga potensi kerja sama untuk pembuatan produk vaksin, obat-obatan, dan farmasi.

“Saya juga telah menyampaikan komitmen Indonesia melalui Indonesian AID (Agency for International Development) untuk Kenya di bidang kesehatan, ketahanan pangan, penanganan bencana. Ke depan, kerja sama ini akan ditingkatkan, khususnya untuk sektor yang menjadi prioritas Kenya,” ujar Jokowi.

Secara simultan, ia juga mendorong agar kedua negara saling memperkokoh semangat di tengah kondisi ketidakpastian global yang terjadi saat ini. Menurut Jokowi, sudah saatnya dunia mendengarkan kepentingan negara-negara berkembang, termasuk hak untuk melakukan lompatan pembangunan.

“Maka, kerja sama ini pun telah menghasilkan kerja sama yang konkret. Tiga kerja sama antar-pemerintah, delapan kerja sama antar-BUMN (badan usaha milik negara) dan swasta, dan saya harap ini dapat segera terealisasi. Sebagai penutup saya mengundang Presiden Ruto untuk ke Indonesia,” kata Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memastikan, Pertamina melalui anak usahanya Pertamina International Exploration and Production (PIEP) dan Pertamina Geothermal Energy (PGE) telah menjajaki peluang kerja sama dan melakukan kesepakatan dengan perusahaan energi di Kenya. Kerja sama itu berupa pengembangan potensi di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) dan panas bumi.

“Kerja sama ini menggelorakan semangat Pertamina sebagai BUMN, yang membawa spirit pemerintah dalam hubungan bilateral dengan negara-negara di Afrika, salah satunya Kenya. Kami membawa spirit pemerintah, semangat Konferensi Asia-Afrika, Bandung tahun 1955. Kita sekarang sudah menjalin kerja sama dalam pengembangan ekonomi. Pertamina sendiri membuka peluang kerja sama sektor upstream hingga downstream, termasuk sektor  geotermal di Kenya,” ungkap Nicke.

Ia memastikan, dalam setiap kerja sama yang dilakukan Pertamina Group, akan diutamakan sinergi yang menguntungkan bagi negara Indonesia.

Spirit bring the barrel home, footprint Pertamina di sektor hulu untuk meningkatkan produksi, agar bisa diolah di kilang milik Pertamina di dalam negeri, sehingga dapat meningkatkan ketahanan energi nasional kita,” pungkas Nicke.

Ditulis oleh

Leave a Reply

Exit mobile version