Menu
in ,

Pemberdayaan Masyarakat, Mengolah Sampah Jadi Rupiah

Pemberdayaan Masyarakat, Mengolah Sampah Jadi Rupiah

Foto: IST

Pajak.com, Tangerang – PT Astra International Tbk (Astra) memberdayakan masyarakat di Kampung Berseri Astra (KBA) Talagasari, Kecamatan Balaraja, Tangerang, Banten. Melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), Astra mendirikan bank sampah sebagai sumber pendapatan baru bagi masyarakat setempat.

Salah satu warga bernama Sukmawati mengatakan, berkat program CSR Astra pemberdayaan masyarakat semakin cinta kepada lingkungan. Kini mengumpulkan sampah plastik sudah menjadi kebiasaan masyarakat di KBA Talagasari, yang bermanfaat bagi kelestarian lingkungan.

Secara teknis, warga menyerahkan sampah plastik ke Bank Sampah KBA Talagasari. Kemudian sampah diolah melalui tahapan, yakni reduce (pengolahan), reuse (penggunaan ulang), dan recycle (daur ulang). Hasil pengolahan dimanfaatkan oleh warga untuk dijadikan berbagai kerajinan, seperti ecobrick, tempat air minum, kotak tisu, piring buah, tas wanita. Program ini berhasil menciptakan sumber pendapatan baru bagi penerima manfaat.

“Biasanya produk kerajinan ini dijual ke teman-teman, kadang juga lewat media sosial. Harganya macam-macam, dari Rp 50 ribu-an hingga Rp 150 ribu. Lumayan untuk menambah penghasilan saya dan juga para ibu pengrajin lainnya,” ujar Sukmawati.

Bank Sampah KBA Talagasari memiliki 136 nasabah dengan total tabungan sekitar belasan juta rupiah. Masyarakat di sana mampu mengurangi sampah plastik dengan rata-rata 844 kilogram per bulan.

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan, KBA Talagasari merupakan salah satu dari 116 KBA yang telah menerapkan program “Semangat Kurangi Plastik”. Program itu diinisiasi oleh Astra sejak awal tahun 2020.

“Astra berhasil mengurangi 418 ton sampah plastik hingga Desember 2020. Angka tersebut berasal dari 58,1 ton sampah plastik dari Grup Astra dan selebihnya yaitu 360 ton yang dikelola dari 70 bank sampah binaan Astra yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Riza, pada Minggu (14/2).

Gerakan “Semangat Kurangi Plastik” diikuti oleh 7.089 karyawan dari 72 perusahaan Grup Astra beserta yayasan.

“Masyarakat diharapkan bisa turut berperan dalam mengurangi dampak dari sampah plastik sekali pakai. Bisa dimanfaatkan atau diolah dengan benar. Guna mencegah menumpuknya sampah plastik, Astra mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai demi menjadikan bumi lebih baik,” kata Riza.

Leave a Reply