in

Kini Daftar NPWP Bisa Lewat 4 Bank Ini

Foto: Humas DJP

Jakarta – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kian mudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pasalnya, Direktorat Jenderal Perpajakan (DJP) Kementerian Keuangan menggandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk melayani pendaftaran NPWP melalui Aplikasi e-Registrasi dan Validasi NPWP. Tinggal klik, langsung beres.

Dirjen Pajak, Suryo Utomo, menyebutkan keempat anggota bank Himbara yang yang menjalin kerjasama tersebut adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) TbkPT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

“Melalui sistem dan aplikasi yang dimiliki masing-masing perbankan tersebut, kini mereka juga diberikan kewenangan untuk melakukan validasi atas NPWP yang dimiliki pelaku UMKM yang lama tidak digunakan. Masyarakat yang mau daftar pajak bisa lewat bank yang biasa mereka gunakan untuk bertransaksi atau bisa juga secara online. Kami titipkan sistemnya ini di perbankan, supaya mereka ( UMKM ) bisa mendaftarkan diri melalui bank Himbara,” ujar Suryo.

Suryo menambahkan, komitmen kerjasama yang dilakukannya bersama bank Himbara ini akan dilanjutkan dalam tahap berikutnya yaitu untuk pelayanan pelaporan pajak tahunan. Sehingga Wajib Pajak tidak lagi harus menyampaikan laporan pajaknya melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Foto: Humas DJP

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Pembukaan Brevet Pajak Online PKN STAN

Strategi Pemerintah Pusat dan Daerah Pasca-Pandemi