in ,

Pemerintah Berharap Ada 3 Juta Kendaraan Listrik di 2030

Pemerintah Berharap Ada 3 Juta Kendaraan Listrik di 2030
FOTO: IST

Sony Sulaksono, selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan bahwa pemerintah berharap ada 3 juta kendaraan listrik pada 2030 untuk turunkan 4,6 juta ton emisi karbon.

Sony menambahkan, sampai saat ini sudah ada 22 produsen kendaraan bermotor listrik di Indonesia dan jumlah tersebut diharapkan akan terus bertambah, sehingga rencana 3 juta kendaraan listrik pada 2030 bisa terwujud.

Kemudian, Sony juga menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat roadmap untuk mempopulerkan kendaraan listrik berbasis baterai kepada masyarakat. Salah satu langkah nyatanya yaitu dengan mendorong kementerian maupun lembaga pemerintah untuk membeli kendaraan listrik sehingga ekosistem kendaraan listrik bisa berkembang di lingkup pemerintahan.

Baca Juga  Reformasi Perpajakan Menuju Indonesia Maju 2045

Jika dilihat dari sisi harga, kendaraan listrik memang harganya lebih tinggi daripada kendaraan biasa. Maka dari itu, Sony mengatakan bahwa masyarakat harus mendapatkan edukasi terkait kendaraan listrik tersebut. Salah satunya dengan membangun citra positif dengan memperlihatkan keunggulan-keunggulannya.

“Harus ditanamkan bahwa motor listrik ini berbeda, prestisius, sehingga wajar kalau harganya di atas yang biasa. Kemudian, swap baterai ini juga salah satu cara untuk membuat harga kendaraan listrik ini mendekati harga motor konvensional,” ungkapnya.

Langkah Indonesia dalam memprioritaskan percepatan penggunaan kendaraan listrik merupakan keputusan yang tepat. Karena saat ini, dunia sedang mencari jalan keluar atas krisis perubahan iklim dan langkah tersebut merupakan bentuk kontribusi Indonesia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0