in ,

Belajar Pajak Mudah, Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Belajar Pajak Mudah, Manfaatkan Kecanggihan Teknologi
FOTO: IST

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang memandang bahwa pajak merupakan sesuatu yang merugikan, menakutkan, dan harus dihindari. Jika mindset tersebut terus ditanamkan dalam diri, maka akan membuat diri kesulitan dalam belajar atau memahami segala hal yang berkaitan dengan pajak. Kunci dari belajar adalah niat. Seseorang akan mudah dalam belajar jika diawali dengan niat ingin memahami hal yang dipelajarinya itu.

Di era digitalisasi saat ini, segala hal dimudahkan dengan kecanggihan teknologi yang tersedia. Hanya dengan menggunakan smartphone, semua informasi di seluruh dunia bisa diraih dengan mudah. Tidak terkecuali informasi seputar perpajakan.

Jika belajar pajak hanya dengan mengandalkan buku, tentu saja akan membuat bosan atau jenuh dan berujung pada sulitnya memahami perpajakan. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mencari media pembelajaran yang baru agar gairah keingintahuan tentang pajak bisa meningkat dan memudahkan belajar. Berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone, laptop, komputer, dan iPad dapat digunakan oleh masyarakat sebagai alternatif media pembelajaran pajak. Melalui peralatan teknologi tersebut, masyarakat dapat belajar pajak dengan mudah dan menyenangkan dengan memanfaatkan berbagai konten yang tersedia mulai dari video pajak, artikel perpajakan, forum diskusi pajak, hingga webinar pajak.

Baca Juga  Pemerintah Berharap Ada 3 Juta Kendaraan Listrik di 2030

Sebagaimana hasil riset yang dilakukan oleh App Annie, Indonesia menduduki urutan pertama dunia yang masyarakatnya paling lama menghabiskan waktu di smartphone, yaitu rata-rata 5,5 jam dalam sehari. Dengan hasil riset tersebut, dapat disimpulkan bahwa smartphone dan peralatan teknologi lainnya sudah semestinya menjadi pilihan media pembelajaran pajak yang tepat, sebab smartphone selalu ada dalam genggaman tangan masyarakat.

Saat ini sudah banyak content creator yang membuat video edukasi terkait perpajakan, mulai dari video yang berdurasi singkat hingga panjang yang dapat ditemui di berbagai platform. Selain itu, sudah banyak pula media online jurnalisme yang menyediakan informasi seputar perpajakan secara lengkap dan aktual salah satu contohnya yaitu Pajak.com. Kemudian sudah banyak juga forum diskusi online tentang pajak contohnya seperti Ortax, dan tersedia juga berbagai webinar pajak yang diselenggarakan oleh berbagai institusi.

Baca Juga  PMK 149/PMK.03/2021, Insentif Pajak Terdampak Pandemi

Belajar pajak memang tidak bisa instan, sebab dunia perpajakan sangat dinamis. Apabila dalam sehari dibiasakan menyisihkan waktu untuk mempelajari pajak melalui berbagai konten tersebut, maka pengetahuan tentang pajak juga akan semakin bertambah dengan mengikuti perkembangan dunia perpajakan yang sedang terjadi.

Maraknya inovasi terkait edukasi perpajakan yang tersedia di dalam dunia digital, sudah semestinya dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat guna memudahkan dalam proses belajar dan memahami perpajakan. Tingkat pemahaman masyarakat terhadap pajak sangat berpengaruh pada tingkat kepatuhannya dalam melaksanakan kewajiban perpajakan. Perlu diketahui bahwa tingkat kepatuhan pajak masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Dengan begitu dapat diartikan pula bahwa tingkat pemahaman pajak masyarakat Indonesia masih rendah.

Baca Juga  Asia Initiative-Bali Declaration Dorong Tax Transparency

Agar dapat menjadi masyarakat yang paham pajak, mari kita manfaatkan kecanggihan teknologi untuk menggali segala hal yang berkaitan dengan pajak. Sebagai manusia harus bisa mengendalikan teknologi digital, jangan sampai terbalik teknologi digital yang mengendalikan kita. Hilangkan mindset buruk, mulailah belajar pajak!

 

* Penulis Adalah Mahasiswi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas: Ekonomi dan Bisnis, Jurusan: Akuntansi, Angkatan 2020

* Informasi yang disampaikan dalam Artikel ini Sepenuhnya merupakan Tanggung Jawab Penulis

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0