in ,

Bank Digital Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Bank Digital Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah
FOTO: IST

Ventje Rahardjo selaku Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) meyakini bahwa dengan keberadaan bank digital yang semakin marak, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

Menurut Ventje, di masa sekarang ini penggunaan kanal industri digital oleh perbankan merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Masyarakat semakin terbiasa menggunakan ponselnya untuk membuka rekening bank dan melakukan berbagai transaksi digital. Sehingga hal tersebut membuka kesempatan besar bagi perbankan syariah untuk mengejar pertumbuhan market share-nya, terutama bagi bank-bank syariah yang belum sempat memiliki distribution channel tradisional yang luas.

Selain itu, Jaih Mubarok selaku Sekretaris Badan Pelaksana Harian (BPH) Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) mengatakan bahwa industri keuangan syariah saat ini semakin berkembang dan dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi. Sehingga memudahkan masyarakat dalam bertransaksi termasuk bank syariah yang melayani nasabahnya secara digital.

Baca Juga  Indonesia Berpeluang Kuasai Pasar Udang di Amerika

Contoh bank digital syariah yaitu Bank Aladin Syariah yang berkedudukan sebagai bank murni digital syariah pertama di tanah air. Selain itu beberapa bank lain baik itu digital maupun konvensional juga mulai menyediakan layanan keuangan syariah secara digital. Sebagai contoh pada bulan September lalu PT Bank Jago Tbk telah meresmikan Unit Usaha Syariah (UUS) dengan nama Jago Syariah, yang mana Bank Jago juga menyediakan aplikasi bank digital sebagai pelayanan dari Jago Syariah sama seperti layanan pada bisnis konvensionalnya.

Menanggapi hal tersebut, Jaih mengatakan bahwa kemajuan itu harus disyukuri. Dengan adanya bank digital syariah, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi umat juga meningkatkan kepatuhan kepada nilai dan ketentuan syariah.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0