in ,

BKF: PMI Manufaktur dan Inflasi Membaik Agustus 2021

“Kendala pengiriman yang masih disebabkan oleh gangguan COVID-19 menyebabkan perpanjangan waktu pemenuhan pesanan selama 19 bulan berturut-turut. Selain karena kendala tersebut, permintaan yang masih menurun juga membuat stok barang jadi di sektor manufaktur tercatat meningkat. Sementara dari sisi harga, COVID-19 terus menyebabkan kenaikan biaya input dan output. Kenaikan harga bahan baku membuat akselerasi inflasi harga input yang tercepat sejak Januari 2014. Perusahaan masih meneruskan sebagian beban biaya kepada klien sehingga biaya output juga tercatat menguat,” jelasnya.

Kendati sejak bulan Juli pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali diterapkan, tingkat kepercayaan bisnis terkait perkiraan produksi hingga akhir tahun depan masih berada di atas rata-rata survei. Febrio mengatakan, hal ini mencerminkan harapan perbaikan dalam situasi COVID-19.

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

“Pemerintah akan terus melakukan percepatan vaksinasi serta memberikan stimulus bagi dunia usaha melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar pandemi COVID-19 semakin terkendali dan kepercayaan dunia usaha dapat kembali meningkat. Kerja sama masyarakat juga harus terus didorong untuk menjaga momentum pemulihan yang sedang berlangsung, sehingga dapat mendorong pemulihan sektor manufaktur yang strategis bagi perekonomian,” kata peraih Master Bidang Ekonomi Pembangunan Internasional di Australian National University (ANU) Australia ini.

Selain itu, inflasi pada Agustus 2021 tetap terjaga. Kondisi ini dipengaruhi oleh masuknya tahun ajaran baru dan kenaikan beberapa harga bahan pangan di tengah permintaan yang masih tumbuh terbatas karena dampak pemberlakuan PPKM. Secara bulanan, terjadi inflasi sebesar 0,03 persen, sehingga kumulatif inflasi sebesar 0,84 persen per tahun.

Baca Juga  Isi PP 14/2024 tentang THR dan Gaji ke-13 PNS-Pensiunan

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *